Dosen Poltek Harber Ajak Siswa SMAN 1 Pagerbarang Pemrograman

Dosen Prodi D-3 Teknik Eletronika Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Tegal, ajak 33 siswa dan 3 guru SMAN 1 Pagerbarang belajar dasar bahasa pemrograman Arduino IDE, pada Jumat, (9/12/22).

Ketua Prodi D-3 Teknik Elektronika Poltek Harber, Qirom, S.Pd., M.T. memaparkan pemaparan manfaat belajar Bahasa pemrograman Arduino IDE dengan menampilkan contoh robot transporter dan aplikasi control smart home dilanjutkan pengenalan dasar board Arduino Uno dan software Arduino IDE dengan praktek membuat aplikasi traffic light dengan menggunakan LED. 

“Praktek ini bermaksud mengajarkan tentang tipe data dan struktur dasar program Ardino IDE. Setelah itu siswa dikenalakan dengan sensor DHT untuk mengukur suhu dan kelembaban. Pada praktek ini siswa belajar menambahkan library dan menampilkan data di serial monitor,” kata Qirom.

Kemudian Qirom bersama tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) juga kenalkan program Liquid Crystal Display (LCD). Pada bagian ini siswa belajar mengenal karakter LCD, menuliskan karakter dengan set cursor dan membuat running teks ke kanan/kiri. 

“Terakhir ditutup dengan materi buzzer. Pada materi ini, siswa tidak hanya belajar menyalakan buzzer sebagai indicator alarm saja, tetapi belajar membuat nada dengan contoh adalah nada music suwe ora jamu,” ujar Qirom.

“Poltek Harber telah mengajarkan ilmu aplikatif kepada anak-anak kami yang menunjang perkembangan teknologi 4.0. SMA N 1 Pagerbarang siap menerima kerjasama positif untuk saling menguatkan dunia pendidikan,” kata Kepala sekolah SMAN 1, Drs. Akhmad Toibin, M.Pd. 

Waka Kurikulum SMAN 1 Pagerbarang, Budi Ajar Supriyono, S.Pd. menyampaikan bahwa materi tersebut sangat bermanfaat dalam mengembangkan skill yang tidak dipelajari di sekolah. “Dari pelatihan ini anak-anak akan dapat membuat aplikasi yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujarnya. 

“Ketika anak-anak tertarik mempelajari lebih dalam dunia pemrograman dan ahli, banyak lowongan pekerjaan dengan bayaran tinggi” kata Kepala Lab Komputer SMAN 1 Pagerbarang M Khafid Pramono, S.Kom.

22 Desember 2022 - 17:00:13 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Elektronika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa