Dosen Poltek Harber Bekali Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Lingkungan Sekolah

TEGAL – Dosen Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) beri pembekalan kepada 30 siswa kader kesehatan sekolah dan PMR (palang merah remaja), pada Selasa, (14/06/22) di SMAN 3 Kota Tegal.

Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Farmasi Poltek Harber Dr. Agus Susanto, M.Ikom menuturkan, saat ini grafik penularan Covid-19 telah melandai dan kegiatan pembelajaran di sekolah mulai dilaksanakan secara luring. 

“Namun, kegiatan pemberlajaran secara luring di lingkungan sekolah ini masih harus dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat karena virus Covid-19 masih terus berevolusi dan masih berpontesi menginfeksi mayarakat secara masif,” kata Agus.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilakukan oleh Agus dan dosen Prodi D-3 Farmasi Poltek Harber ini bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman kader kesehatan sekolah dan PMR dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di lingkungan sekolah pasca pandemi Covid-19.

Agus menerangkan, kegiatan pembelajaran yang tidak menerapkan protokol kesehatan secara ketat berpontensi menjadikan sekolah sebagai episentrum penyebaran Covid-19.  

“Kegiatan PKM ini dimaksud untuk meningkatkan kesadaran dan kompetensi kader kesehatan sekolah tentang PHBS di sekolah pasca pandemi. Kami ingin mengajak siswa untuk menerapkan PHBS selama kegiatan pembelajaran di sekolah secara optimal,” tambah Agus.

Guru Pendamping dari SMAN 3 Kota Tegal, A. Muksoni, S.Pd mengatakan, pihaknya telah menerapkan PHBS dan protokol kesehatan selama kegiatan pemberlajaran. Kendati demikian, beberapa mahasiswa belum maksimal dalam menerapkan PHBS. 

“Kegiatan sosialisasi tentang  perilaku hidup bersih dan sehat perlu sering dilakukan untuk meningkatkan kesadaran siswa dalam masa pasca pandemi,” kata Muksoni.


Admin Humas
24 Juni 2022 10:13:58 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan
Virtual Tour
Hubungi Kami