Dosen Prodi Akuntansi Politeknik HB Lakukan Pelatihan Pengisisan SPT Di SMK N 1 Brebes

Pajak adalah salah satu isu yang menjadi perhatian masyarakat Indonesia beberapa tahun belakangan ini. Di Indonesia pajak merupakan salah satu sumber utama penerimaan Negara untuk membiayai pembangunan sarana umum, pertahanan dan keamanan, serta dana pemilu. Pajak juga digunakan untuk mensubsidi barang-barang yang sangat dibutuhkan masyarakat seperti subsidi bahan pangan dan bahan bakar minyak. Melihat pentingnya pajak menyebabkan banyak masyarakat yang tertarik dengan isu pajak. Ketertarikan masyarakat terhadap isu perpajakan terbukti dengan banyaknya pemberitaan tentang pajak, semakin berkembangnya kursus dan pendidikan tentang pajak serta banyaknya jumlah peserta yang antusias, bahkan kesepakatan mata kuliah perpajakan menjadi mata kuliah inti keilmuan pada kurikulum program studi jurusan akuntansi. Salah satu mata kuliah yang diajarkan pada kurikulum program studi jurusan akuntansi adalah akuntansi pajak. Mata kuliah akuntansi pajak membahas tetang ketentuan pajak di Indonesia dan standar akuntansi Negara Indonesia.  Oleh oleh sebab itu begitu pentingnya pemahaman tentang pajak maka pada tanggal 17 April 2015 Dosen Prodi Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal, bertempat di aula SMK N I Brebes mengadakan pengabdian masyarakat dengan tema  pelatihan pengisian SPT orang pribadi.

Menurut Drs Ali Subchi, M. Pd Guru Bimbingan Konseling SMK N I Brebes mengatakan bahwa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Brebes merupakan SMK yang memiliki program kejuruan akuntansi. Mata pelajaran perpajakan merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada (SMK) Negeri 1 Brebes. Mengingat pentingnya pajak bagi Negara Indonesia maka diupayakan agar masyarakat Indonesia semakin banyak yang memahami tentang pajak. Meskipun mata pelajaran perpajakan telah diajarkan namun siswa SMK masih belum mahir dalam pengisian SPT, khususnya SPT PPh orang pribadi. Pelatihan pengisian SPT pajak PPh orang pribadi merupakan salah satu upaya yang dilakukan agar siswa kelas XII SMK Negeri 1 Brebes semakin mahir dalam perpajakan bagi siswa yang setelah lulus dari SMK langsung terjun ke dunia kerja. Bagi siswa SMK yang memiliki motivasi untuk melanjutkan ke jenjang Pendidikan Tinggi, pelatihan  pengisian SPT pajak orang pribadi juga dapat menjadi bekal mengingat mata kuliah perpajakan merupakan mata kuliah inti keilmuan pada program studi akuntansi,.terimakasih untuk Team dari Politeknik tandasnya karena pelatihan seperti ini sangat berguna bagi siswa siswinya.

Sedangkan menurut ketua Team PKM Hetika, S. Pd, M. Si menyampaikan bahwa Undang-undang (UU) perpajakan di Indonesia terus mengalami perubahan. Misalnya, perhitungan Pajak Penghasilan (PPh) baik wajib pajak badan maupun wajib pajak pribadi mulai tahun 2009 harus mengacu pada UU PPh baru. Wajib pajak yang tidak ber-NPWP akan dikenakan wajib pajak yang lebih tinggi. Perubahan ini pasti akan berdampak pada masyarakat dengan semakin banyaknya warga Negara yang ber-NPWP. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta SMK mampu memahami pokok-pokok perubahan dari UU perpajakan yang baru.

@bunghasta
20 April 2015 15:43:28 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan