Dosen Prodi Kebidanan Berikan Penyuluhan Kesehatan Pangan

Dosen Program Studi (Prodi) D-3 Kebidanan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan tema pangan aman dan pangan sehat untuk generasi emas “Paman Pahat Emas” di SMA Muhammadiyah Kota Tegal. 

Ketua pelaksana pengabdian kepada masyarakat (PKM), Umi Baroroh menyampaikan, bahwa makanan yang dikonsumsi oleh remaja harus benar-benar mempertimbankan keamanan makanan dan kandungan gizi.

“Berdasarkan hasil pre test yang kami lakukan, 40% perilaku remaja belum memperhatikan keamanan makanan dan tidak mengkonsumsi gizi seimbang dengan baik. Kemudian 60% memiliki pengetahuan kurang tentang gizi seimbang,” kata Umi (09/01/23).

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Prodi D-3 Kebidanan Poltek Harber dan diikuti oleh siswa/siswi SMA Muhammadiyah Kota Tegal sebanyak 120 peserta. 

Nora Rahmanindar membahas tentang gizi seimbang yang diimplementasikan dalam “Isi Piringku”. “Menyusun isi piring yang benar dalam satu kali makan sesuai dengan gizi seimbang yaitu makanan pokok sebanyak 2/3 dari ½ piring, lauk pauk 1/3 dari ½ piring, sayuran 2/3 dari ½ piring dan buah-buahan 1/3 dari ½ piring,” kata Nora.

Nora menambahkan, isi piring yang benar harus diimbangi dengan minum minimal 8 gelas setiap harinya. Serta aktivitas fisik 30 menit perhari dan cuci tangan pakai sabun.

Sementara, Istiqomah Dwi Andari menyampaikan pangan aman itu adalah pangan yang harus layak dikonsumsi, pangan yang tidak busuk, tidak menjijikkan, dan bermutu baik, serta bebas dari tiga cemaran yaitu cemaran biologi, kimia dan cemaran fisik.

“Perhatikan 5 (lima) keamanan pangan yang disarankan oleh BPOM. Jagalah pangan pada suhu aman, mesaklah dengan benar, pisahkan pangan matang dari pangan mentah,  jagalah kebersihan dan gunakan air dan bahan baku yang aman,” ujar Isti.

Selain itu, lanjut Isti, jangan lupa saat mengkonsumsi makan kemasan, perhatikan cek KLIK yaitu cek kemasan, label, izin edar dan kadaluarsa. “Jangan lupa perhatikan lebel Halal pada kemasan. Diharapkan nantinya remaja ketika mengkonsumsi makanan memperhatikan keamanan makanan yang dikonsumsi,” kata Isti.

“Setelah kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan para remaja bukan hanya mengkonsumsi makanan yang sehat. Tapi melihat dan memperhatikan keamanan makanan yang dikonsumsi,” tambah Umi.


16 Januari 2023 - 16:19:04 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Kebidanan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa