Dosen Prodi Teknik Elektronika PHB Kenalkan Teknologi Irigasi Otomatis Bertenaga Surya

Tim Dosen Prodi D-3 Teknik Elektronika Politeknik Harapan Bersama (PHB) melakukan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Kelompok Tani Kedondong Pagerbarang kabupaten Tegal, pada Sabtu, (22/1/2022). 

Ketua PKM Qirom, S.Pd., M.T menjelaskan, program ini memiliki gagasan dalam memberikan ilmu pengetahuan dan pemberian pengalaman tentang penerapan teknologi irigasi otomatis bertenaga surya kepada Kelompok Tani Kedondong Pagerbarang.

Qirom menuturkan Desa Pagerbarang dengan areal persawahan yang luas menunjukkan bahwa mayoritas penduduknya adalah sebagai petani. Namun, hasil pertanian, seperti padi ataupun jagung mengalami penurunan sangat drastis karena sulitnya mendapatkan pasokan air irigasi.

“Ketika musim kemarau hanya sebagian petani yang melakukan penanaman karena tidak memiliki sumur untuk mengairi sawah. Petani yang punya sumur juga mengeluh karena harus mengairi 2-3 hari sekali,” kata Qirom.

“Kelompok tani diajarkan cara pemasangan dan perawatan panel surya sebagai sumber listrik. Pemasangan panel surya sebagai sumber listrik untuk mengairi sawah pengganti pompa air berbahan bakar bensin/gas. Kami berharap nantinya  masyarakat dapat menghemat biaya operasional untuk mengairi sawah,” tambahnya.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada dosen-dosen PHB yang telah memberikan aplikasi penerapan irigasi otomatis dengan panel surya dengan jelas dari bahan-bahan, menghitung biaya, membandingkan dengan pengairan diesel dan cara merakitnya. Semoga ilmu ini bisa kita terapkan sebagai alternatif saat BBM atau gas naik. Mohon pendampingan selanjutnya tetap ada,” ujar Ketua Kelompok Tani Kedondong Sakrud.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Dosen Prodi DIII Teknik Elektronika PHB yang beranggotakan dosen Program Studi D-3 Teknik Elektronika dan mahasiswa Program Studi DIII Teknik Elektronika. Ketua Prodi D-3 Teknik Elektronika PHB Qirom, S.Pd., M.T. didampingi dosen prodi Diploma Tiga Teknik Elektronika PHB Ulil Albab, M.T., dan Dany Sucipto, ST sebagai anggota PKM.



Admin Humas
02 Februari 2022 16:46:14 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan
Virtual Tour
Hubungi Kami