Dunia Pendidikan Perlu Terapkan Teknologi Industri

Program Studi D-3 Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama (PHB) mengadakan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) untuk mahasiswa semester 5 Prodi D-3 Teknik Mesin PHB yang dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting pada Kamis (27/01/2022).

Ketua Prodi D-3 Teknik Mesin M. Taufik Qurrohman menuturkan, tema KKL kali ini yaitu penerapan teknologi industri di dunia pendidikan vokasi. Dengan tujuan agar mahasiswa lebih memahami dan dekat dengan industri serta lebih mengetahui penerapannya di bidang vokasi. 

Wakil Direktur I PHB Heru Nur Cahyo dalam sambutannya mengatakan, mahasiswa yang mengikuti KKL dapat menambah wawasan yang luas serta memiliki value yang luar biasa. 

“Maksimalkan kesempatan KKL dengan sebaik-baiknya, serap keilmuannya. Budaya industri yang tidak semata-mata tentang keilmuan teknologi industri, namun tentang etika untuk peningkatan kualitas diri. Citra diri itu sangat penting, konsistensi diri juga sangat penting, bersama-sama membawa diri konsisten pada kebaikan,” katanya.

Direktur Utama PT Komatsu Erwan Yulianto memaparkan tentang produk dan suku cadang alat berat serta proses manufaktur. Aplikasi alat berat PT Komatsu digunakan di sektor perkebunan, kehutanan, konstruksi dan sektor pertambangan. Proses manufaktur pengecoran, proses fabrikasi, proses kaki kendaraan beroda, proses penempaan, permesinan, dan proses perakitan. 

“Komatsu menerapkan TPM dan TQM, TPM adalah total kelola produktif secara (efisien dan efektif) dengan melibatkan seluruh karyawan dan karyawati untuk melaksanakan seluruh kegiatan. Sedangkan TQM serangkaian kegiatan sistematis yang dilakukan oleh seluruh organisasi untuk secara efektif dan efisien mencapai tujuan organisasi sehingga dapat menyediakan produk dan layanan dengan tingkat kualitas yang memuaskan pelanggan, pada waktu dan harga yang tepat,” tuturnya.

CSR dan GA Manager PT. BUKAKA Teknik Utama H. Anton Fatoni menjelaskan Bukaka adalah perusahaan multinasional terkemuka di bidang design-build engineering, konstruksi, dan manufaktur energi, transportasi dan telekomunikasi. “Perlu adanya link and match dengan institusi pendidikan agar menerapkan teknologi industri. Unit bisnis yang sudah dilakukan yaitu berupa jembatan pelabuhan, transmission line tower, telecommunication tower, jembatan rangka pelengkung baja, tol layang jakarta-cikampek, PLTA dan beberapa PLTM,” kata Anton.

“Di PT. BUKAKA Teknik Utama kami selalu menerapkan budaya kekeluargaan. Kalau terkait dengan kebutuhan perekrutan karyawan yang terpenting adalah sikap dan tingkah laku. Satu hal kecil yang menentukan penilaian,” tambahnya.

04 Februari 2022 - 15:41:34 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Mesin  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa