Farmasi PHB Latih PKK Kelurahan Panggung

Admin Humas 24 November 2020 14:26:35 WIB
Politeknik Harapan Bersama Prodi DIII Farmasi

Sebagai upaya memulai berbisnis dan menjadikan masyarakat berdaya diperlukan pengetahuan tentang bisnis yang cocok di masa pandemi ini.

Hal itu yang mendasari Program Studi D3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama (PHB) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dengan tema “Pemanfaatan Bahan Alam Sebagai Produk Sebagai Start Up Bisnis di Tengah Pandemi”, di Kelurahan Panggung Kota Tegal, Jawa Tengah, Selasa, (17/11/2020).

“Melalui kegiatan ini, diharapkan masyarakat sekitar dan anggota PKK di Kelurahan Panggung akan memiliki keterampilan dalam memanfaatkan bahan alam sekitar untuk dijadikan produk,” ujar Wakil Direktur 1 PHB apt. Heru Nurcahyo, M.Sc.

Kegiatan ini terselenggara berkat adanya kerja sama antara Pemerintah Kota Tegal dengan Prodi D3 Farmasi PHB melalui Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Tegal, dan didukung oleh LKP Indah serta Kelurahan Panggung kota Tegal yang peduli terhadap kesulitan masyarakat di tengah pandemi. 

“Ini merupakan sinergitas antara Pemkot Tegal dengan PHB sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat dalam rangka merintis alternatif bisnis selama pandemi atau bahkan bisa untuk meningkatkan ekonomi. Kegiatan ini sebagai wujud tindak lanjut dari pertemuan kami dengan Ibu Walikota Tegal pada Selasa, (10/11/2020). ” tegas Heru.

Adapun Tim PKM Prodi D3 Farmasi PHB antara lain Ketua PKM apt. Heru Nurcahyo, M.Sc. dengan beranggotakan dosen Prodi D3 Farmasi PHB yaitu Joko Santoso, M.Farm., Aldi Budi Riyanta, S.Si., M.T., apt. Sari Prabandari, MM., apt. Rizki Febriyanti, M.Farm., apt. Purgiyanti, M.Farm dan Mahasiswa D3 Farmasi PHB.

“Dalam kegiatan tersebut kami memberikan pelatihan sekitar 30 anggota PKK untuk membuat produk seperti hand sanitizer dan pasta gigi dari sari belimbing wuluh dan cuka apel, foot sanitizer dari biji kopi, pomade dari minyak kemiri hingga diakhiri dengan pembagian doorprize,” kata Aldi Budi Riyanta.

Aldi menambahkan kegiatan ini nantinya akan berlanjut ke kelurahan-kelurahan lain di Kota Tegal sesuai dengan arahan dari Penggerak PKK.

“Harapannya juga dapat memberikan nilai secara ekonomi dan kemanfaatan produk di kala pandemi bagi Masyarakat Kota Tegal”, tutur Joko Santoso, M.Farm selaku koordinator PKM.

Admin Humas
24 November 2020 14:26:35 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan