“Fruitman” Aplikasi Hasil Panen Buah, Raih Penghargaan

Mahasiswa Sarjana Terapan Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama (PHB) menjuarai lomba Infvest 5.0 di Institut Teknologi Telkom Purwokerto. 

Invfest (Informatics Innovation Festival) merupakan kompetisi nasional tahunan yang ke lima. Pada tahun ini mengambil tema HATS “Healthcare, AgroIndustry, Tourism, dan Medium Enterprise”.

“Alasan kami menguti lomba ini karna kami merasa memiliki kesempatan besar menjadi juara karena ide aplikasi yang kami buat masih baru dan sebelumnya tidak ada yang pernah membuatnya,” jelas Ikhwan.

Team Bro yang terdiri dari Ikhwanudin, Helfanza Nanda Alfara, dan Saiful Labib mahasiswa Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama meraih Juara 2 dalam kompetisi Infvest 5.0 yang diumumkan pada Sabtu, (12/12/2020).

Team Bro menang dalam kategori mobile application, mereka membuat aplikasi “Fruitman”. Aplikasi Fruitman merupakan aplikasi yang dibuat untuk membantu masyarakat dalam memasarkan hasil panen buah dengan sistem tebasan. 

“Sistem tebasan yaitu menjual buah yang siap panen dan masih di pohonnya ke penebas. Dimana yang memanen adalah dari pihak penebas setelah deal melakukan tawar menawar,” kata Ikhwan.

Lebih lanjut, menurut Ikhwan, aplikasi Fruitman dapat membantu penebas dalam menemukan masyarakat yang ingin menjual hasil panen dengan sistem tebasan sesuai produk yang diinginkannya.

Wakil Direktur 4 PHB Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom menambahkan aplikasi yang dikembangkan oleh Team Bro adalah sebuah aplikasi mobile android yang bertemakan e-commerce dalam transaksi penjualan buah-buahan. 

“Produknya cukup inovatif, karena telah memiliki ide untuk membuat aplikasi mobile e-commerce guna transaksi penjualan buah-buahan, dari petani ke penebas,” kata Ginanjar.

Ia menambahkan bahwa Politeknik Harapan Bersama dengan cita-citanya untuk menjadi “The True Vocational Campus” memiliki potensi untuk terus tumbuh dan berkembang menjadi Politeknik Swasta terbaik di tingkat nasional.

Adapun Juara 1 Infvest 5.0 Tim Karyain dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya dan Juara 3 TIK dari Politeknik Negeri Semarang.

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan