Ikhtiar Penelitian Dosen Poltek Harber Sebagai Wujud Pengabdian

Bagian Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber), menyelenggarakan kegiatan Workshop Strategi Penyusunan Proposal, Hibah Kemendikbudristek Vokasi Tahun 2023 di Aula Gedung C, pada Kamis (02/02/2023).

Direktur Poltek Harber Agung Hendarto mengatakan, Perguruan Tinggi sesuai dengan Tri Dharma, salah satunya adalah penelitian. Saat ini Poltek Harber sudah sedikit memberi bantuan ke para dosen. “Hibah penelitian merupakan sebuah pemicu untuk meningkatkan penelitian.”

“Peran kampus tidak hanya fokus ke pengajaran dan mengantarkan mahasiswa untuk lulus. Pertaruhan perguruan tinggi ada di penelitian dan berkontribusi kepada masyarakat lewat pengabdian. Dengan penelitian dan pengabdian keilmuan dosen juga akan diasah terus menerus,” kata Agung.

 Agung yakin dengan adanya acara ini potensi untuk mendapatkan hibah akan semakin besar, dan kontribusi kampus ke masyarakat akan menjadi lebih besar. “Sehingga keberadaan Poltek Harber bisa dirasakan oleh masyarakat.”

Narasumber Prof. Muji Setiyo yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Magelang membawakan materi terkait strategi dalam penyusunan proposal hibah penelitian di Perguruan Tinggi. Dia menuturkan penelitian merupakan ikhtiar mengungkap kebenaran baru, menemukan kemanfaatan baru, memberikan argumen baru terhadap permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS). 

“Pengabdian kepada masyarakat (PKM) yaitu bentuk implementasi hasil penelitian untuk masyarakat yang diintegrasikan ke pendidikan. Jika yang diberikan adalah sesuatu yang baru dan kapasitas berpikir mereka dikembangkan dengan cara-cara baru yaitu merekonstruksi solusi dari masalah secara mandiri-terbimbing merupakan potensi mahasiswa menjadi unggul (kuat kompetitif) dari yang lain,”kata Muji.

Muji menjelaskan tinjauan pustaka dalam penelitian lebih dari sekadar ringkasan sumber. Ia memiliki pola organisasi yang menggabungkan ringkasan dan sintesis. Ringkasan adalah rekap informasi penting dari sumber, tetapi sintesis adalah pengorganisasian ulang, atau perombakan informasi tersebut. Kemudian memberikan interpretasi baru dari materi lama atau menggabungkan baru dengan interpretasi lama.

Kepala P3M Poltek Harber Kusnadi berharap peluang-peluang perolehan hibah vokasi bisa meningkat sesuai dengan harapan sivitas akademika Poltek Harber. “Semoga dosen Poltek Harber bisa memaksimalkan menyusun proposal yang berkualitas dan semoga bisa mengambil manfaat, serta ilmu dari narasumber pada hari ini.”

10 Februari 2023 - 17:22:14 WIB   0
Lain - Lain   Penelitian Dosen   Pengabidan Masyarakat  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa