Ini Likuh! Poltek Harber Resmi Buka Prodi Keperawatan

TEGAL - Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) secara resmi menyelenggarakan Program Studi D-3 Keperawatan melalui Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 102/D/OT/2022.

Keputusan tersebut telah ditetapkan di Jakarta pada 6 April 2022 atas nama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto.

“Kami berkomitmen memberikan kontribusi dalam pembangunan kesehatan di Indonesia, khususnya di Kota Tegal melalui penyelenggaraan pendidikan vokasi keperawatan yang berkualitas dalam menciptakan perawat terampil, berkompeten, berjiwa kewirausahaan dan berdaya saing global,” ujar Dosen Prodi D-3 Keperawatan Poltek Harber, Ardhi Henda Karmandika, pada Rabu (11/05/22).

Lulusan, lanjut Ardhi, akan dibekali kemampuan memberikan asuhan keperawatan berbasis bukti serta pengetahuan pelayanan keperawatan di ruang khusus dengan unggulan keperawatan luka.

“Sehingga lulusan mampu memberikan pelayanan secara profesional kepada individu maupun kelompok dengan menjunjung tinggi nilai disiplin, jujur, inovatif, terampil dan unggul. Ditunjang dengan sertifikasi kompetensi bertaraf nasional dan internasional,” kata Ardhi.

Wakil Direktur 1 Poltek Harber, Heru Nurcahyo mengatakan, kebutuhan tenaga kesehatan khsusunya perawat dalam pelayanan kesehatan era pandemi COVID-19 sangat tinggi. “Perannya tidak hanya dalam pelayanan di bidang kesehatan tetapi andil juga sebagai pemberi asuhan keperawatan, kolaborator kesehatan, promosi kesehatan, pendidik, agent of change, dan peneliti, Utamanya di era pandemi seperti ini,” ujar Heru.

Heru menuturkan, berdasarkan keterangan Dirjen Binapenta dan PKK Kemnaker Suhartono Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kebutuhan akan perawat secara global pada tahun 2023 diperkirakan 18 juta.

“Kehadiran Prodi D-3 Keperawatan di Poltek Harber sebagai salah satu kontribusi untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat yang perannya mampu berkolabrasi dengan tenaga kesehatan lainnya,” tambahnya.

Wakil Direktur 4 Poltek Harber, Ginanjar Wiro Sasmito menambahkan, tujuan pembukaan Prodi D-3 Keperawatan adalah untuk menjawab kebutuhan pelayanan kesehatan bagi Rumah Sakit, Klinik, dan Puskesmas terutama di wilayah Tegal, Slawi, Brebes, dan Pemalang. 

“Setelah berproses cukup panjang, akhirnya Surat Keputusan mengenai penyelenggaraan Prodi D-3 Keperawatan melalui penggabungan atau penyatuan Akademi Keperawatan Bina Husada Tebing Tinggi ke Poltek Harber telah diterbitkan oleh Kemendikbudristek,” kata Ginanjar.

13 Mei 2022 - 16:41:31 WIB   0
Artikel Mahasiswa   Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)   Bagian Administrasi Akademik (BAA)   Bursa Kerja Khusus (BKK)   Kemahasiswaan   Klinik Pratama   Lain - Lain   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Keperawatan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa