Kembangkan Open Source, D4 Teknik Informatika Adakan Ubuntu Release Party 14.04 LTS

POLTEK HARBER – Sebagai sistem operasi  open source Linux yang paling terkenal, Ubuntu banyak sekali dikembangkan hampir diseluruh dunia termasuk di Indonesia. Sistem operasi yang tidak berbayar ini, selain mudah mendapatkannya juga banyak sekali digunakan untuk dunia pendidikan di Indonesia. Ubuntu mengalami beberapa pengembangan – pengembangan yang diciptakan untuk menjadikanya lebih baik, maka setiap dikembangkan dan diperbaiki  Ubuntu di release kedalam beberapa versi sesuai dengan waktu kapan sistem operasi ini dilaunching.

Tepatnya Sabtu (26/4) kemarin bertempat di Ruang K kampus I Politeknik harapan Bersama Tegal, Program Studi D4 Teknik Informatika mengadakan sebuah acara dibidang teknologi informasi dengan diberinama Ubuntu 14.04 LTS  Release Party. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara D4 Teknik Informatika PoliTeknik Harapan Bersama Tegal dengan KPLI (Komunitas Pengguna Linux Indonesia) Tegal, dan tema yang diambil pada kegiatan ini adalah “GO OPEN SOURCE, LINUX For Education“. Kegiatan ini diikuti oleh para peserta yang berasal dari perwakilan siswa/i dari sekolah – sekolah SMA/SMK se-Kota Tegal dan sekitarnya serta para mahasiswa D4 Teknik Informatika dan D3 Teknik Komputer Politeknik harapan Bersama dengan jumlah peserta keseluruhan berjumlah 50 orang.

Disela kesibukannya, Oman Somantri, S.Kom selaku Ketua Pelaksana kegiatan mengatakan bahwa kegiatan Ubuntu 14.04 LTS Realease Party ini sebenarnya dilakukan pula serentak launchingnya diseluruh dunia begitu juga di Indonesia. D4 Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama sebagai Institusi pendidikan sekolah tinggi yang berkonsentrasi pada pengembangan teknologi informasi khususnya dunia komputer, menganggap bahwa release Ubuntu 14.04 LTS merupakan sebuah moment dimana update teknologi terhadap pengembangan teknologi khususnya open source menjadi hal yang wajib bagi  orang – orang yang berkecimpung di dunia IT khususnya opensource untuk mengetahuinya, ujar beliau.

Oman menambahkan, sebenarnya ada tiga jenis kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan Release Party UBUNTU 14.04 LTS ini, diantaranya Launcing Ubuntu Release terbaru versi 14.04 LTS,  Workshop Klinik Ubuntu 14.04 oleh KPLI Tegal, dan sekaligus pembentukan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) POSCOM (Poltek Open Source Community) Politeknik Harapan Bersama Tegal secara resmi oleh direktur. Harapannya setelah mengikuti kegiatan ini para peserta kegiatan dapat menjadi lebih tertarik lagi pada dunia open source khususnya Linux, serta dapat meng-update pengetahuannya dibidang teknologi informasi, pungkasnya.

Penyerahan SK POSCOM (PoliTeknik Open Source Community) dari Direktur  Kepada Ketua POSCOMDalam sambutannya Mc. Chambali, B.Eng., M.Kom selaku Direktur Politeknik Harapan Bersama Tegal didampingi Pembantu Direktur III Bidang kemahasiswaan Umi Baroroh, S.SiT., M.Kes dan Ka.Prodi D4 Teknik Informatika Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom sebelum membuka acara ini secara resmi mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan sebuah kekonsistenan kita politeknik Harapan Bersama konsern terhadap pengembangan Open Source di Indonesia khususnya diwilayah Kota Tegal dan sekitarnya. “Perkembangan opensource di seluruh dunia semakin tinggi peminatnya, seluruh instansi pemerintahan maupun swasta termauk dunia industry dewasa ini sudah banyak sekali menggunakan open source sebagai penunjang IT di tempatnya, hal inilah yang menjadikan kita harus segera mungkin untuk bisa mengikuti perkembangan  yang terjadi sekarang ini”, ujarnya.  Dengan adanya Ubuntu realease party ini mari kita jadikan sebagai bagian dari proses peningkatan kualitas kita sebagai orang komputer (IT) untuk bisa memiliki pengetahuan yang ter-update terhadap perkembangan Linux yang berbasiskan open source ini, pungkas beliau.

Hip-Hip Hura-Hura pasca Ubuntu Release Party 14.04 LTSTerpisah, Ka. Prodi D4 Teknik Informatika Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom mengatakan kegiatan ini tiada lain sebagai bagian dari ikut serta dalam pengembangan open source di Indonesia. Ginanjar menegaskan, D4 Teknik Informatika sebagai program studi yang menerapkan open source sebagai bagian dari identitas kita dalam implementasi penerapan kurikulum mata kuliah di prodi, maka mendukung secara penuh kegiatan yang dilaksanakan ini sehingga kita bisa menjadi pelopor kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Politeknik Harapan Bersama ini, tambahnya. Diakhir pembicaraan beliau mengatakan, selain itu kita juga mempelopori terbentuknya UKM mahasiswa yang diberinama POSCOM (Politeknik Open Source Community) Politeknik Harapan Bersama Tegal, yang untuk sekarang ini sdr. Miftakhul Ullumuddin sebagai Ketua-nya. (oman/D4-TI)

@bunghasta
28 April 2014 17:59:18 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan