Mahasiswa D4 Teknik Informatika, Ikuti Sertifikasi Microsoft Office

Bertempat di Kampus Politeknik Harapan bersama Tegal, Kamis (27/2)  lalu Program Studi D4 Teknik Informatika PoliTeknik Harapan Bersama Tegal mengadakan ujian sertifikasi kompetensi  bidang teknologi Informasi khususnya untuk penggunaan Aplikasi Desktop Microsoft office yang bekerjasama dengan salah satu provider sertifikasi berlisensi  Microsoft yaitu Ebiz Education Enterprise. Sertifikasi  diikuti oleh sekitar 80 mahasiswa yang kesemuanya adalah mahasiswa D4 Teknik Informatika.  Sebagai instruktur pada sertifikasi yang diadakan tersebut tidak lain adalah dosen politeknik Harber sendiri Wildani Eko Nugroho, S.Kom yang sebelumnya beliau telah mengikuti training terlebih dahulu yang diselenggarakan oleh provider penyelenggara sertifikasi. “Sertifikasi ini diadakan untuk mengukur sejauh mana kemampuan kompetensi mahasiswa dalam penggunaan Aplikasi Desktop khususnya Microsoft Office seperti MS. Word, MS. Excel, MS. Power Point dan MS. Outlook, sehingga harapannya mahasiswa setelah lulus ujian sertifikasi ini berkompeten dalam menggunakan MS. Office dan sertifikat yang dikeluarkan nantinya adalah berlisensi internasional”, tutur Ginanjar Wiro Sasmito, M. Kom selaku Ka. Prodi D4 Teknik Informatika PoliTeknik Harapan Bersama Tegal.

Ginanjar mengatakan, bahwa tujuan dari diadakannya sertifikasi ini adalah mempersiapkan mahasiswa D4 Teknik Informatika untuk menjadi “mahasiswa Plus/punya nilai lebih” dimana selain ijazah yang telah didapatkan, mahasiswa juga  mempunyai sertifikat keterampilan yang diakui secara nasional maupun internasional. Banyak sekali manfaat yang didapatkan oleh mahasiswa dimana salah satunya adalah dapat dijadikan sebagai lampiran ijazah untuk bahan pertimbangan oleh stakeholder, dan kami di Prodi D4 Teknik Informatika akan berupaya semaksimal mungkin menyediakan sertifikasi untuk semua mata kuliah dalam bidang teknologi informasi baik bertaraf nasional ataupun internasional, pungkasnya.

Dalam kesempatan itu pula Sekretaris Prodi D4 Teknik Informatika Oman Somantri, S.Kom mengatakan, bahwa Sertifikasi ini sangatlah penting diperlukan bagi semua lulusan mahasiswa, dalam sebuah  studi dari berbagai sumber yang dilakukan oleh Gartner dan IDC pada tahun 2006 mengenai studi kompetensi industry IT dan studi nilai sertifikasi menunjukan bahwa orang yang telah bersertifikasi bisa memberikan nilai tambah pasaran industri hingga 30% s.d 40%, peningkatan gaji antara 5% s.d  11%,  serta disimpulkan bahwa hampir 75% para manager mempercayai  bahwa sertifikasi sangatlah berpengaruh terhadap kinerja tim mereka. Dari hasil kajian tersebut sudah barang tentu sebagai lembaga pendidikan penyedia SDM kita harus bisa siap dan mengimbangi tuntutan tersebut salah satunya adalah dengan mengadakan sertifikasi kompetensi sesuai dengan bidang kita yakni bidang Teknologi Informasi, ujar Oman.

Terpisah, Direktur PoliTeknik HarBer Tegal MC.Chambali, B.Eng., M.Kom sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Prodi D4 Teknik Informatika, dengan adanya sertifikasi maka kompetensi seseorang menjadi bisa dipertanggungjawabkan serta sekaligus menambah nilai tawar bagi mereka yang sedang mencari peluang kerja, ujar beliau. Hal penting lain selain sertifikasi untuk bertahan di dunia kerja adalah untuk selalu terus menambah wawasan serta kompetensi berkelanjutan sesuai dengan perkembangan TIK saat ini. Penting juga untuk selalu menjaga kualitas kompetensi sehingga bisa memaksimalkan knowledge, skill dan attitude sehingga kemampuan antara HardSkill dan Soft Skill mahasiswa bisa seimbang, pungkasnya.   (Oman/D4-TI)

06 Maret 2014 - 13:17:11 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Teknik Informatika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa