Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) adalah momentum bagi mahasiswa untuk menata masa depan. Dimana perbedaan antara SMA dan Mahasiswa utama adalah rasa tanggung jawab.

“Rasa tanggung jawab harus melekat dalam diri mahasiswa. Karena sukses belajar dan sukses meraih masa depan tergantung diri kalian”, kata Direktur Politeknik Harapan Bersama Nizar Suhendra, SE., MPP dalam pembukaan PKKMB PHB (9/10).

Perkuliahan daring menuntut kesadaran yang tinggi rasa dan tanggung jawab yang tinggi. Nizar menambahkan jika mahasiswa tidak diikuti dengan rasa semangat yang penuh tanggung jawab rasanya sulit untuk menangkap pesan pembelajaran yang diberikan oleh para pengajar.

Masa pageblug ini memaksa dunia pendidikan berjalan secara dalam jaringan. Pelajar belajar dari rumah masing-masing, para dosen membimbing lewat jalur-jalur teknologi informasi.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (2014) Sudirman Said menyampaikan, jalur teknologi informasi memerlukan disiplin tinggi, memerlukan tanggung jawab, inisiatif, dan manajemen diri. 

Mahasiswa, menurut Sudirman, dipaksa menjadi manusia masa depan, karena masa depan akan bergantung pada teknologi informasi.

Pendidikan menyiapkan manusia untuk mengemban masa depan.

“Serap sebanyak mungkin tidak hanya di kelas, tapi di rumah lewat internet, diskusi dengan dosen dan ikut organisasi. Karena itu menjadi bekal bagi kita untuk menempuh masa depan,” kata Sudirman.

Sudirman Said menambahkan mahasiswa jangan hanya mengutamakan hard skill yang diperoleh di kelas namun juga soft skill.

“Kebanyakan soft skill diperoleh dari organisasi dan unit kegiatan mahasiswa (UKM). Dari sana mahasiswa dilatih memecahkan masalah dan merencanakan kegiatan. Maka gunakan kesempatan di PHB tidak hanya hard skill saja namun untuk membangun soft skill semaksimal mungkin,” tegas Sudirman. 

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan