Mahasiswa PHB Didaulat Menjadi Relawan Pajak

Tax Center Politeknik Harapan Bersama (PHB) sebagai organisasi mitra Kanwil Dirjen Pajak (DJP) Jawa Tengah I kembali ditunjuk yang ketiga kalinya untuk menyelenggarakan program relawan pajak Tahun 2022. 

Pembina Tax Center PHB Asrofi Langgeng Noermansyah menjelaskan, program relawan pajak bertujuan untuk mendukung program peningkatan kepatuhan formal dan material wajib pajak dengan cara melakukan asistensi terhadap pelaporan SPT Tahunan melalui e-filing. “Oleh karena itu, Kanwil Dirjen Pajak Jawa Tengah I telah menetapkan dan mengukuhkan 13 orang mahasiswa dari Prodi D-3 Akuntansi PHB menjadi relawan pajak 2022 di Aula KPP Pratama Tegal,” kata Asrofi di Tax Center PHB, Jum’at (11/02/2022). 

Tax Center PHB Tegal pada program relawan pajak tahun 2022 ini mendapatkan kuota relawan pajak sebanyak 13 orang mahasiswa. “Dari 13 orang mahasiswa tersebut mendapat lokasi penempatan, sebanyak 10 relawan di KPP Pratama Tegal dan di KP2KP Bumiayu sebanyak 3 orang relawan. Selanjutnya relawan pajak akan ditugaskan di KPP Pratama Tegal dan KP2KP Bumiayu sejak tanggal 07 Februari sampai dengan 30 April 2022,” jelas Asrofi.

Asrofi menuturkan, penetapan relawan pajak tahun 2022 ini sebelumnya telah melalui beberapa tahapan seleksi sejak tanggal 03 – 23 Januari 2022. Tahapan tersebut berupa pendaftaran calon relawan pajak, seleksi wawancara, pelatihan calon relawan dan diakhiri dengan tes tertulis untuk menentukan relawan pajak terpilih. “Sebagai bentuk komitmen dan menjaga integritas, para relawan pajak juga telah melakukan penandatanganan Code of Conduct sebagai relawan pajak. Dengan harapan bahwa para relawan pajak dalam melakukan asistensi selalu berpegang teguh pada kode etik yang berlaku,” tambahnya.

Para relawan pajak nantinya akan melakukan asistensi atau pendampingan kepada wajib pajak orang pribadi dalam pelaporan SPT Tahunan 1770 UMKM, SPT 1770 S dan SPT 1770 SS serta wajib pajak badan yang menggunakan ketentuan PP No. 23 Tahun 2018 melalui e-Filing atau e-Form. “Sehingga wajib pajak dapat meningkatkan kepatuhan dalam memenuhi hak dan kewajiban perpajakannya, khususnya terkait pelaporan SPT Tahunan,” kata Asrofi. 

Ketua Program Studi D-3 Akuntansi PHB Yeni Priatna Sari mengatakan, bahwa kegiatan Relawan Pajak ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan hardskill dan softskill mahasiswa karena mereka tidak hanya mendapatkan pengetahuan tentang perpajakan. “Mereka akan mendapatkan manfaat dari berinteraksi dan berkomunikasi dengan wajib pajak dan dapat memberikan solusi atas permasalahan wajib pajak,” tambahnya. 

Selain itu juga, kegiatan relawan pajak ini diharapkan dapat menjadi pengalaman yang berharga untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa dan mengasah kepercayaan diri sehingga nanti dapat menjadi bekal setelah lulus untuk memasuki dunia pekerjaan. “Harapannya, ke depan relawan pajak dapat terus berjalan setiap tahunnya sehingga dapat menjadi sarana pembelajaran mahasiswa di luar kampus,” kata Yeni.

11 Februari 2022 - 17:24:43 WIB   0
Artikel Mahasiswa   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa