Mahasiswa PHB Dinobatkan Sebagai Wirausaha Pemuda

Mahasiswa Politeknik Harapan Bersama (PHB) berhasil lolos pendanaan Wirausaha Pemuda Kabupaten Tegal #Chapter3 2021 yang diselenggarakan oleh Bappeda Kabupaten Tegal, Senin (06/12/201).

Abdul Syukur yang merupakan mahasiswa Prodi D-3 Teknik Mesin dan Mukhamad Ali Fauzan mahasiswa Prodi D-3 Desain Komunikasi Visual (DKV) memasuki tahap 28 besar dan mendapatkan insentif senilai 15 juta per orang untuk mengembangkan usaha masing-masing.

“Produk yang digeluti oleh saya yaitu Jagung Kiamulail. Produk berbahan dasar jagung untuk makanan ternak hewan dan manusia. 85% untuk pakan ternak, dan 15% untuk makanan manusia, berupa air beras jagung, tepung jagung, dan kemudian dibuat kue” tutur Abdul.

Lain halnya dengan Ali Fauzan, Ia menuturkan, di tempat tinggalnya, memiliki banyak SDM alumni Wirausaha Pemuda (WP). “Bisnis yang telah lama saya tekuni yaitu Mitra Marketing (Mima) diajukan ke WP dan dikembangkan bersama rekan-rekan saya di Bumijawa, ,” kata Ali.

Dari total 490 peserta saat awal pendaftaran 2021 dengan syarat usia dari 19-28 tahun, menyusun gagasan bisnis dengan tulisan maupun video, dan diseleksi kualifikasi berkas lainnya. Abdul menjelaskan, dari 100 besar peserta WP kemudian dibekali Business Model Canvas (BMC) dasar awal akan memulai usaha, sasaran pasar, target, partner kerja, kemudian cara penyampaian value. Kemudian tahapan seleksi 50 besar untuk presentasi dan wawancara, hingga akhirnya lolos tahap 28 besar.

Pemerintah Kabupaten Tegal mengadakan program Kompetisi penumbuhan wirausaha pemuda, sebagai bagian dari upaya mengurangi pengangguran, menanggulangi kemiskinan dan membantu pemulihan ekonomi pasca pandemic covid-19 serta pemberdayaan penyandang disabilitas di Kabupaten Tegal.

“Saya menyampaikan terima kasih kepada pihak kampus Politeknik Harapan Bersama yang sudah membimbing dan berdiskusi terkait BMC, bagaimana kekurangannya, dan sebagainya. Kedepannya saya ingin menjadi mentor alumni WP untuk adik-adik tingkat yang masih kuliah di PHB,” kata Abdul.

“Belajar bisnis sendiri dan memiliki produk sendiri, dan bagaimana caranya menghasilkan uang atas dasar kemampuan diri sendiri. Tujuan kami di sini juga ingin merekrut mahasiswa dan praktisi DKV. Karena karya yang saya buat itu terkait tentang inovasi produk-produk DKV,” tutur Ali.

11 Februari 2022 - 17:28:08 WIB   0
Artikel Mahasiswa   Kemahasiswaan   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Desain Komunikasi Visual   Prodi D-3 Teknik Mesin  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa