Mahasiswa Poltek Harber Pelajari Teknologi Robotika Pemadam Api

Himpunan Mahasiswa Prodi D-3 Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan acara Seminar Robotika Acara di Aula Gedung C, Poltek Harber. Tema kegiatan ini adalah “Teknologi Robotika sebagai Wacana Pembuatan Robot Pemadam Api”. Kegiatan ini diikuti oleh 130 mahasiwa Poltek Harber.

Wakil Direktur III Poltek Harber Gunawan Adib Achmadi menuturkan, mahasiswa penting untuk membangun softskill dan hardskill. “Himpunan mahasiswa ini sebagai wadah di mana mahasiwa dapat membentuk softskill kepemimpinan dan kemampuan individu dalam organisasi,” kata Adib (06/01/23).

Kegiatan ini, lanjut Adib, bertujuan agar mahasiswa mengetahui tentang dasar pembuatan robot pemadam api dan bisa diterapkan untuk wacana penambahan divisi Kontes Robot Indonesia pada Tahun 2024 dengan divisi KRSRI (Kontes Robot SAR Indonesia). 

Selain itu, manfaat kegiatan ini adalah untuk memberikan pengetahuan dasar robotika bagi mahasiswa. Melatih berpikir kritis, kreatif, dan terstruktur bagi mahasiswa dan mampu merancangan ilmu robotika dalam bentuk yang nyata.

Ketua Prodi D-3 Teknik Komputer Poltek Harber Ida Afriliana menuturkan penggunaan robot di era digital telah membantu pekerjaan manusia di berbagai bidang. 

“Walaupun robot tidak bisa menggantikan manusia seutuhnya. Namun, robot membantu memudahkan pekerjaan manusia,” kata Ida.

Rudi Hernowo memberikan materi tentang Inverse Kinematics dan Wall Following. Inverse Kinematics digunakan untuk mencari besar sudut sendi coxa, femur, dan tibia agar ujung kaki robot dapat mencapai posisi end-point yang diinginkan. 

“Setelah mempelajari mengenai kinematic, diperlukan pengetahuan tentang algoritma pengikut dinding (wall follower) sebagai alat untuk navigasi ruangan. Algoritma ini memanfaatkan sensor ultrasonik/sensor ultra merah sebagai pendeteksi dinding/halangan yang terletak pada masing-masing samping dan kanan dari robot. Dengan cara ini, robot tidak akan pernah menabrak dinding,” ujar Rudi.

Setelah diadakannya pelatihan ini, Ida berharap peserta mampu memahami materi sehingga dapat diterapkan untuk pembuatan robot pemadam api atau robot lain yang memerlukan materi invers kinematic dan wall following.

“Robot pemadam api ini akan sanagat bermanfaat untuk memadamkan di titik api di jalan-jalan kecil yang memang manusia susah menjamahnya. Sehingga dengan adanya robot ini akan membantu para pemadam kebakaran untuk mematikan titik api di tempat manapun,” tambah Ida.

Admin Humas
10 Januari 2023 17:13:24 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan
Virtual Tour
Hubungi Kami