Mahasiswa Prodi Farmasi Poltek Harber Tembus Top 5 Juara Tingkat Nasional

Mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) berhasil menjadi Top 5 Lomba Pharcolosa Tingkat Nasional Kategori Produk Inovasi Tingkat Mahasiswa Tahun 2023 yang diselenggarakan di Politeknik Indonusa Surakarta, pada (13/5/23).

Pharcolosa merupakan akronim dari Pharmaceutical Competition of Politeknik Indonusa Surakarta, kompetisi farmasi yang bertemakan “Our Ideas for Leveling Up Indonesia’s Health Degree” diselenggarakan oleh HIMA Farmasi Politeknik Indonusa Surakarta. Adapun jenis yang dilombakan pada Pharcolosa 2023 yaitu,  Lomba Inovasi Produk, Lomba Desain Poster dan Lomba Menulis Essay. Dengan kategori peserta Pelajar/siswa aktif tingkat SMA/SMK/MA/sederajat dan Mahasiswa aktif tingkat DIII/DIV/S1.

Perwakilan Prodi D-3 Farmasi Poltek Harber yang beranggotakan Eli Supriatin, Erayana Wahyuni, dan Devani Hilda Putri membuat karya produk inovasi dengan judul Upaya Diversifikasi Tepung dari Sorgum (Sorghum Bicolor. L) & Kelor (Moringa Oleifera. L) untuk Pembuatan Cookies Rendah Indeks Glikemik sebagai Alternatif Snack Penderita Diabetes.

Kepala Bagian Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Poltek Harber, Aldi Budi Riyanta mengatakan, kegiatan lomba ini sebagai upaya untuk mengasah kemampuan mahasiswa di kancah nasional sebagai bekal ketika lulus nanti. “Keikutsertaan lomba akan melatih mental juara untuk bisa bersaing di skala nasional dan dirinya berharap kedepannya menjadi lebih baik lagi dan bisa menuju lomba tingkat internasional,” ujar Aldi selaku dosen pembimbing.

“Mahasiswa membuat inovasi makanan camilan untuk penderita diabetes yang rendah gula dari bahan sorgum dan daun kelor. Sorgum memiliki banyak serat sedang daun kelor mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk penderita diabetes,” kata Aldi.

Eli Supriatin, menyampaikan motivasinya mengikuti lomba adalah agar mendapat pengalaman dan mendapatkan prestasi serta mengenalkan kampus Poltek Harber ke banyak orang.

“Harapan saya setelah mengikuti lomba adalah saya bisa menyalurkan ilmu yang saya dapat ke semua orang, terutama keluarga terdekat saya terlebih dahulu baru lebih meluas ke semua orang,” tambahnya.

29 Mei 2023 - 14:18:40 WIB   0
Artikel Mahasiswa   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Farmasi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa