Mahasiswa TI PHB Ikuti KKL Secara Virtual

Sebagai bentuk optimalisasi penerapan kurikulum yang berbasis vokasional, mahasiswa TI (Teknik Informatika) PHB (Politeknik Harapan Bersama) mengikuti kegiatan KKL (Kuliah Kerja Lapangan). KKL yang dilaksanakan dalam masa pandemi Covid-19 ini dilangsungkan secara virtual atau daring menggunakan aplikasi zoom pada Rabu (25/08).

Kegiatan tersebut diikuti oleh mahasiswa semester VI Tahun Akademik 2019/2020 dan menghadirkan narasumber dari 4 perusahaan yang bergerak dalam bidang teknik informatika yaitu Bisa.AI, PT. Solusi 247, PT Indonesian Cloud dan PT. Qlue Smart City.

Co Founder & Chief Scientist Bisa.AI Octaviano Pratama menyampaikan Artificial Intelligence (AI) saat ini berkembang sangat pesat dan berpotensi diterapkan di semua bidang maupun lini kehidupan untuk meringankan atau bahkan menggantikan pekerjaan manusia.

“Peluang dan pangsa pasar kerja dalam bidang ini sangat besar oleh karenanya mahasiswa TI PHB harus berbenah diri mempersiapkan peluang-peluang baik tersebut,” kata Octaviano.

KKL yang telah diselenggarakan oleh Prodi TI ini masing-masing narasumbernya menyajikan materi mengenai Era Big Data, Cloud Computing, Smart City, dan Implementasi Artificial Intelligence. 

KKL yang merupakan salah satu mata kuliah wajib di kurikulum Prodi TI ini berlangsung dengan interaktif dan mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebutpun sangat antusias, terutama ketika pada sesi diskusi dengan para pemateri. 

Ketua Program Studi D4 Teknik Informatika PHB Ginanjar Wiro Sasmito merasa cukup bangga dengan pelaksanaan KKL secara virtual. Karena KKL Virtual tersebut pertama kali dilaksanakan di PHB.

Menurutnya biarpun KKL dilaksanakan secara virtual, akan tetapi substansi KKL tetap bisa tercapai, yakni mahasiswa diberikan pemahaman secara nyata mengenai profil perusahaan serta berbagai posisi dan deskripsi pekerjaan bidang teknik informatika di masing-masing perusahaan.

“Mahasiswa diberi bekal tentang penerimaan tenga kerja di masing-masing perusahaan teknik informatika, bahkan hingga menyajikan materi mengenai jenjang karir dan gaji yang didapat,” kata Ginanjar.

@bunghasta
16 September 2020 15:05:49 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan