Mata Kampus PHB Gelar Pelatihan Jurnalistik untuk Mahasiswa

Mata kampus PHB mengadakan PJTD (Pelatihan Jurnalis Tingkat Dasar) dengan tema ”Dare to Speak in Public, Show Your Quality” dengan tujuan memperkenalkan jurnalistik dan mengajarkan teknik dasar dalam menulis artikel maupun berita. Kegiatan tersebut diadakan di Aula kampus 1 Politeknik Harapan Bersama dihadiri 23 mahasiswa anggota Jurnalis Mata Kampus, dan 17 tamu undangan perwakilan dari 10 Himaprodi, UKM, dan organisasi mahasiswa lainnya.

Materi yang disampaikan oleh para pemateri, merupakan gambaran dasar mengenai jurnalistik. Di dalam acara tersebut para pemateri mengenalkan para peserta tentang jurnalistik benar-benar dari dasarnya. Dari cara berkomunikasi, teknik menulis, sampai akhirnya menjadi sebuah berita yang layak dibaca khalayak umum 

“Bukan hanya sekedar menulis, penulis juga harus menjadi seolah pembacanya juga. Agar tulisan yang disampaikan dapat menarik banyak orang”, ujar M. Sekhun, S.H.I., M.M selaku General Manager Radar Tegal. Materi yang beliau sampaikan dalam acara ini tidak kalah menarik yaitu beliau menyampaikan Teknik dasar menulis yang di dalamnya menjelaskan struktur tulisan, penyuntingan hingga kode etik jurnalistik. 

Kepala Biro Jateng-DIY Harian Kompas Gregorius Magnus Finesso, S.I.Kom menyampaikan materi dengan tema “Jurnalisme dan Tantangan Dunia Digital”. Beberapa materi yang disampaikan oleh beliau yaitu perkembangan media dengan maraknya berita hoaks hingga membahas lingkaran setan hoaks.

“Sebagai generasi millennial, kalian seharusnya tidak mudah termakan berita hoaks karena ada teknologi yang bisa dimanfaatkan untuk membedakan mana berita benar dan mana hoaks”, ungkap Gregorius.

Selain materi tentang jurnalistik, peserta juga mendapat materi mengenai public speaking. 

Mengangkat tema “Membangun Kepercayaan Diri di Hadapan Publik”, mantan Penyiar Radio Sebayu FM Aji Widodo, S.H memberikan bekal pengalamannya sebagai seorang penyiar radio dan MC kondang di kota Tegal. “Belajar mengenai public speaking, butuh waktu dan pengalaman dalam memahami bagaimana teknik menghadapi audience. Karena di setiap acara pasti memiliki audience yang berbeda”, ujar Aji Widodo, S.H selaku pemateri ketika mempraktikan dirinya sebagai MC saat berada di tengah-tengah publik.

Thorik Firmansyah, salah satu peserta pelatihan jurnalistik menyampaikan terima kasih karena mata kampus telah menyelenggarakan acara pelatihan jurnalistik di kampus Politeknik Harapan Bersama. 

“Materi yang dibawakan sang pemateri pun sangat menarik dan solutif,” jelas Thorik 

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan