Menciptakan Minat Mahasiswa Dalam Seni Mural

Mural adalah sebuah cara atau pengecatan yang mengandung karya seni yang biasa di aplikasikan pada media dinding dan plafon atau pada permukaan yang bersifat permanen lainnya. Berbeda dengan seni lukis, Seni lukis adalah salah satu cabang dari seni rupa. Dengan dasar pengertian yang sama, seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Melukis adalah kegiatan mengolah medium dua dimensi atau permukaan dari objek tiga dimensi untuk mendapat kesan tertentu. Medium lukisan bisa berbentuk apa saja, seperti kanvas, kertas, papan, dan bahkan film di dalam fotografi bisa dianggap sebagai media lukisan. Alat yang digunakan juga bisa bermacam-macam, dengan syarat bisa memberikan imaji tertentu kepada media yang digunakan. Sama-sama jenis seni lukis, namun perbedaan antara seni lukis yang umum kita kenal dengan mural adalah pada alat dan medianya saja. Apapun itu tetap saja sebuah karya seni.

Seiring dengan berlangsungnya perkuliahan Program Studi D3 Desain Komunikasi Visual Politeknik Harapan Bersama, maka dibutuhkan pengenalan dan promosi tentang Desain Komunikasi Visual Politeknik Harapan Bersama kepada lingkungan kampus dan nantinya bisa dijadikan ciri khas untuk menarik minat calon mahasiswa baru yang akan mendaftar jurusan DKV. Maka dari itu perlu diadakan kegiatan Mural Project yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen Desain Komunikasi Visual Politeknik Harapan Bersama pada hari sabtu 26 Desember 2015 bertempat di kampus 2 Politeknik Harapan Bersama dengan jumlah peserta 40 mahasiswa dan 7 dosen.

Menurut Ketua Panitia Ulil Albab, S.ST. “Acara ini bertujuan untuk mengembangkan semangat dalam pengembangan seni visual khusunya seni mural di lingkungan DKV. Untuk memamerkan karya mahasiswa dan mahasiswi DKV Politeknik Harapan Bersama, untuk meningkatkan kreatifitas, untuk mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa, menciptakan lingkukngan yang kreatif”.

@bunghasta
13 Januari 2016 15:36:40 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan