Olah Produk Pastry dan Bakery Untuk Keterampilan Siswa

Dosen Prodi D-3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) melakukan pengabdian kepada masyarakat (PKM) di Laboratorium Cold Kitchen Poltek Harber, pada Senin (16/01/23).

Ketua Prodi D-3 Perhotelan Poltek Harber, Puput Dewi Anggraeni menuturkan, pelatihan tersebut sebagai pembekalan pengetahuan dan ketrampilan pengolahan produk pastry dan bakery.

“Sehingga siswa SMK Harapan Bersama sudah siap jika ada siswa yang ditempatkan di bagian pengolahan produk pastry dan bakery oleh  pihak industri,” kata Puput.

PKM tersebut mengangkat tema “Pelatihan Mengolah Produk Pastry and Bakery Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Siswa SMK Harapan Bersama Kota Tegal”.

Puput menjelaskan tentang jenis-jenis pastry dan bakery seperti cake, bread, bakery, yeast product, quick bread dan pastry. “Fudgy brownies termasuk dalam kategori cake. Sedangkan untuk bahan-bahan fudgy brownies terdiri dari gula, telur, tepung, margarin, minyak dan coklat.”

Para peserta mempraktikan secara langsung bagaimana cara pembuatan fudgy brownies, pengocokkan gula dan telur adalah salah satu kunci untuk membuat fudgy brownies sehingga menghasilkan shiny crust.

“Selain itu siswa juga diberi pengetahuan mengenai jenis peralatan yang digunakan antara lain equipment, yaitu peralatan besar seperti oven & mixer dan utensils yaitu peralatan kecil yang mungkin sering kita jumpai dirumah, seperti mixing bowl, ballon whisk, spatula, sendok dan lain sebagainya,” tambah Puput.

Ketua Jurusan Perhotelan SMK Harapan Bersama, Dadi Supriyatna berharap, setelah selesai mengikuti pelatihan siswanya dapat memiliki motivasi untuk belajar, menambah ilmu dan pengetahuan serta ketrampilan tentang pastry dan bakery.

“Sehingga siswa dapat mempraktikkanya di rumah, dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha untuk siswa yang ingin berwirausaha. Semoga kegiatan seperti ini dapat berkelanjutan dalam segi pelatihan ataupun pengenalan materi yang lebih luas di bidang perhotelan,” ujarnya.


27 Januari 2023 - 17:04:20 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Perhotelan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa