"Paperless" Karya Mahasiswa TI PHB Juara Nasional

Mahasiswa Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama (PHB) meraih Juara 2 lomba mobile apps di ajang Intermedia Information Technology Competition yang diselenggarakan oleh UKM Intermedia Universitas Amikom Purwokerto, (11/10/2020).

“Mobile apps Paperless dirancang untuk membantu masyarakat dalam mengelola bisnis retail seperti laporan, analisa, manajemen karyawan dan produk,” kata Prieyudha Akadita Sustomo.

Bersama dengan Damar Permadany dan Ikhwanudin, Mahasiswa TI PHB, Prieyudha merancang Paperless.  Damar merancang API (Application Programming Interface) Paperless sebagai koneksi alur keluar masuk database.

“Prieyudha membuat coding dan front end yaitu apa yang dilihat user seperti form maupun insert produk. Kemudian Ikhwanudin membuat UI & UX (user interface dan user experience) sebagai tampilan dari aplikasi dan pengalaman pengguna agar nyaman digunakan oleh karyawan maupun pemilik toko,” ujar Damar.

Ketua Program Studi Sarjana Terapan Teknik Informatika PHB Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom mengungkapkan pihaknya mendorong seluruh mahasiswa untuk mengembangkan produk-produk aplikasi yang implementatif. 

“Kami jg terus mendorong utk mengembangkan perangkat lunak cerdas sebagai jawaban dari tantangan revolusi industri 4.0 dan penerapan kurikulum baru kami, yaitu kurikulum OBE (Outcome Based Education)”, kata Ginanjar.


Go Digital

“Paperless memiliki tujuan go digital, segala transaksi yang dimiliki toko ada datanya (tercatat di aplikasi), melaui aplikasi Paperless para pemilik toko dan karyawan juga dapat mengerti barang yang telah laris maupun tidak dipasaran. Jadi data tersebut dapat menjadi paramater untuk stok barang bulan depan”, terang Prieyudha.

Menurut Prieyudha melalui Paperless harapannya bisa mengembangkan usahanya, dan mengambil kebijakan dalam mengatur strategi pemasarannya.

“Paperless dapat menjadi tolak ukur keberhasilan daya serap mahasiswa PHB terhadap kurikulum maupun materi kuliah yang diberikan oleh dosen PHB. Selain itu juga dapat meningkatkan daya tawar mahasiswa, alumni, dosen, prodi dan kampus di kancah nasional hingga internasional,” tegas Ginanjar.

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan