Pendidikan Karakter Mahasiswa Baru Politeknik Harapan Bersama

TEGAL – Perguruan tinggi memiliki tanggung jawab untuk meningkatan sumber daya manusia dan membentuk karakter bangsa. Dalam agenda prioritas tersebut Politeknik Harapan Bersama bekerjasama dengan Yonif 407/ Padma Kusuma menggelar Pendidikan Karakter untuk mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019.

Pendidikan Karakter mahasiswa baru secara resmi dibuka oleh Wakil Direktur 1 Politeknik Harapan Bersama Arfan Hakiki Sulasmono, M.Kom yang ditandai dengan penyematan pita kepada pelatih dan tanda peserta untuk mahasiswa baru, Sabtu (08/09) di Yonif 407/PK.

Kegiatan Pendidikan Karakter yang diselenggarakan dalam 3 hari kedepan diikuti oleh 990 mahasiswa baru. Selama mengikuti pelatihan untuk peserta didik akan dibekali dengan materi Wawasan Kebangsaan, PBB, Jiwa Korsa, Out Bond, Pentas Seni dan Renungan Malam. Untuk membangkitkan semangat dari peserta, diakhir kegiatan sebelum acara penutupan akan diadakan lomba PBB dan Yel-yel antar kelompok yang sudah ditentukan.

Dalam sambutannya, Arfan Haqiqi Sulasmono, M.Kom menyampaikan rasa syukurnya atas nikmat dari Allah SWT sehingga dapat berkumpul melaksanakan  kegiatan Pendidikan Karakter dan rasa terima kasih tiada terkira kepada pihak Yonif 407/PK atas kerjasama yang sudah terjalin sehingga dapat terselenggaranya kegiatan ini. Ia berharap semoga kegiatan ini akan terus berlangsung, sinergi akan semakin baik dan ada peningkatan untuk hasil yang akan didapatkan.

"Kami mengharapakan kegiatan yang hanya dilaksanakan selama 3 hari ini mampu membawa mahasiswa baru untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, proses pembelajaran dan melaksanakan tri dharma. Pendidikan kartakter ini kita jadikan sebagai sebuah starting point bagi mahasiswa baru untuk menentukan tujuan dari kuliah di Politeknik Harapan Bersama,” tutur Arfan.

 “Hasil yang kita dengung-dengungkan sebagai sesuatu yang paling utama tidak ada artinya apabila akhlak mulia dan nilai-nilai dasar dari pendidikan itu sendiri terlupakan. Maka dengan ini, semangat dari Politeknik Harapan Bersama dengan motto DJITU (Disiplin Jujur Ilmu Taqwa dan Ulet) agar senantiasa dapat melekat hingga nanti mahasiswa selesai menempuh pendidikan. Dan pada kesempatan kali ini, kami dari Politeknik Harapan Bersama menyerahkan 990 mahasiswa baru untuk bisa belajar, menimba ilmu, memahami konsep kehidupan, memahami konsep sosial dan konsep tentang aklak mulia serta kedisiplinan yang akan dibantu oleh para pelatih dari Yonif 407/PK. Semoga kegiatan ini akan membawa banyak manfaat dan nilai-nilai positif yang akan bisa dirasakan baik dalam waktu dekat hingga selesai di dunia nanti," begitu pungkasnya.

Hal senada disampaikan oleh Wakil Komandan Yonif 407/PK, "Karakter merupakan nilai-nilai dari perilaku manusia yang berhubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama manusia sebagai mahluk sosial, lingkungan dan kebangsaan yang terwujud dalam sikap, perasaan, pikiran, perkataan dan perbuatan yang didasarkan pada norma-norma agama, hukum, tata krama, budaya dan adat istiadat," ungkap Mayor Inf Anta Sihotang, S.Sos.

"Bagi manusia sangat penting untuk mendapatkan pendidikan karakter, hal ini bertujuan untuk memperkuat sifat  terpuji dan aklak mulia bagi mahasiswa baru Politeknik Harapan Bersama sebagai peserta didik. Kepandaian dibidang pendidikansaja tidak cukup apabila tidak dibekali dengan moral dan karakter yang kuat agar saat mahasiswa terjun di lingkungan masyarakat nanti tidak terjadi penyalahgunaan ilmu yang dipelajari selama pendidikan." pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Komandan Yonif 407/PK  Mayor Inf Anta Sihotang, S.Sos, Ketua Yayasan Harapan Bersama Khafdillah MS., S.Kom. MH, Wakil Direktur 2 Sunandar, SE., M.Si, Ak, CA, Wakil Direktur 3 Umi Baroroh, M.Kes, Seluruh Kepala Program Studi dan Kepala Unit di Lingkungan Politeknik Harapan Berssma serta Ketua Panitia M. Taufik Qurohman, M.Pd.

14 September 2018 - 17:26:25 WIB   0
Kemahasiswaan   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi   Prodi D-3 Farmasi   Prodi D-3 Kebidanan   Prodi D-3 Teknik Elektronika   Prodi D-3 Teknik Komputer   Prodi D-3 Teknik Mesin   Prodi D-4 Teknik Informatika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa