Pengetahuan Swamedikasi Antisipasi Pencegahan Penyakit

Tim Program Studi (Prodi) D-3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) dengan tema “Sosialisasi Peningkatan Pengetahuan Swamedikasi pada Penyakit Ringan Pasca Pandemi” di SMK NU 01 Penawaja, Adiwerna. Tim ini diketuai oleh Sari Prabandari serta beranggotakan Meliyana Perwitasari dan 5 mahasiswa Prodi D-3 Farmasi Poltek Harber.

Ketua Prodi D-3 Farmasi Poltek Harber, Sari Prabandari mengatakan, tujuan kegiatan ini adalah sebagai bentuk PKM untuk dapat meningkatkan upaya peningkatan pengetahuan swamedikasi pada penyakit ringan di masa pasca pandemi Covid-19.

“Siswa-siswi sekolah SMK tentunya merupakan salah satu bagian dari masyarakat yang memiliki peranan penting dalam rangka mengetahui bagaimana melakukan suatu upaya pencegahan terkait suatu penyakit,” kata Sari (18/01/23).

“Upaya pencegahan tentunya tidak hanya berhenti dalam mencegah suatu penyakit namun para siswa juga diberikan suatu pemahaman bilamana telah mengalami kondisi sakit. Maka harus bisa melakukan swamedikasi atau pengobatan sendiri khususnya bila mengalami sakit ringan,” tambahnya.

Sementara itu, guru SMK Penawaja Amel menyampaikan, siswa antusias mengikuti kegiatan tersebut. 

“Kegiatan ini menjadi salah satu hal positif khususnya untuk siswa. Terutama jika siswa mengalami kejadian sakit ringan seperti batuk, flu, diare untuk bisa langsung mengantisipasi awal supaya tidak menjadi parah,” kata Amel.

Meliyana Perwitasari menuturkan, hal dasar dalam pemilihan obat pada saat batuk. “Kita harus tahu terlebih dahulu jenis batuknya seperti batuk kering, batuk kering diberikan obat yang terdapat kandungan dextromethorphan, sedangkan batuk berdahak dapat menggunakan bromhexine tergantung kondisi pasien,” tutur Meliyana.

19 Januari 2023 - 18:18:51 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Farmasi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa