Perkuat Ekonomi Digital, Poltek Harber Gandeng StartUp Singapura

Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) mengadakan penandatanganan MoU dan seminar dengan PT Alumak Teknologi Indonesia (Aspire) untuk mengenal berbagai Klaster keuangan digital OJK yang bertempat di Aula Gedung C Poltek Harber, pada, Jumat, (9/12/2022).

Direktur Poltek Harber Agung Hendarto, S.E., M.A. menyampaikan dunia pendidikan harus mengikuti dinamika dunia usaha maupun dunia industri. 

“Kami dari institusi dan Prodi sebisa mungkin mendekatkan adik-adik mahasiswa di sini dengan dunia industri dan usaha. Kami menghadirkan Aspire perusahaan startup dari Singapura agar mahasiswa mempelajari tentang financial technology (fintech),” tambahnya.

Menurut Agung, saat ini eranya adalah era internet, era digital dan makanya mau tidak mau kita semua harus berbenah.

“Kampus harus antisipasi dan terus beradaptasi dengan dunia industri. Salah satunya mendatangkan narasumber yang kredibel seperti Aspire,” kata Agung.

Direktur PT Alumak Teknologi Indonesia (Aspire), Aprilando Suryokusumo menuturkan, ekonomi digital Indonesia diperkiraan tumbuh hingga 130 miliar US Dollar pada tahun 2025, salah satunya dipengaruhi adopsi layanan keuangan digital atau yang umum disebut Fintech.

“Di riset terakhir dikatakan indeks literasi keuangan digital kita masih ada di level 38,03%. Sangat rendah dari apa yang kita harapkan,” ujarnya.

“Kenapa harus melek inovasi keuangan digital? Yang pertama, hidup kita sudah tidak bisa dipisahkan dari teknologi. Yang kedua, pekerjaan masa depan membutuhkan kompetensi digital, dan agar tidak ketinggalan zaman,” kata Aprilando.

Agung menambahkan, kurikulum perguruan tinggi harus selalu disesuaikan dengan zaman. “Memang mau tidak mau dunia akuntansi sekarang ini tidak cukup menyusun neraca, laporan keuangan, dll. Tapi sekarang ini yang dibutuhkan adalah data science, pengolahan data pada IPTEK,” kata Agung.

14 Desember 2022 - 10:19:24 WIB   0
Artikel Mahasiswa   Lain - Lain   Politeknik Harapan Bersama  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa