Perkuat Kesehatan Siswa dengan Personal Hygiene

Dosen Prodi D-3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) berikan sosialisasi dan pelatihan pembuatan sampo antiketombe dari ekstrak lidah buaya kepada siswa SMK Farmasi YPIB Kabupaten Brebes, pada Senin (12/22/22).

Kegiatan tersebut merupakan wujud dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang mengangkat tema “Peningkatan Pengetahuan Tentang Personal Hygiene Terhadap Kejadian Pityriasis capitis di SMK Farmasi YPIB Kabupaten Brebes”.

apt. Tya Muldiyana, M.Farm menuturkan, pembuatan sampo antiketombe adalah salah satu cara untuk memberikan edukasi kepada siswa terkait personal hygiene terhadap kejadian pityriasis capitis.

Tya menjelaskan, personal hygiene merupakan suatu kemampuan individu dalam memenuhi kebutuhan dasar untuk mempertahankan hidup, kesehatan, dan kesejahteraan sesuai dengan kondisi kesehatan. 

“Sedangkan pityriasis capitis adalah suatu kelainan pada kulit kepala ditandai skuama berlebihan berwarna putih/abu-abu tersebar pada rambut, disertai rasa gatal, tanpa/sedikit inflamasi ringan serta menimbulkan gangguan estetika,” tutur Tya.

Tya menambahkan, sediaan sampo antiketombe dari ekstrak lidah buaya menjadi pilihan karena bahan kandungan lidah buaya berfungsi sebagai penguat akar rambut karena memiliki kandungan vitamin B, C dan E. 

Hubungan Masyarakat (Humas) SMK Farmasi YPIB Kabupaten Brebes Rustiyaningsih, SE, menuturkan bahwa kegiatan PKM tersebut sejalan dengan kebutuhan sekolah dan siswa karena sama-sama memiliki Prodi Farmasi.

“Kegiatan ini sangat membantu siswa kami, khususnya untuk Prodi Farmasi. Kegiatan pembuatan sampo antiketombe dari ekstrak lidah buaya sejalan dengan kebutuhan keilmuan kami,” kata Rustiyaningsih. 

Sementara, siswa SMK Farmasi YPIB, Pipik Salintang menuturkan, setelah diadakan sosialisasi kegiatan PKM, para murid merasa bertambah wawasan tentang jenis personal hygiene.

“Kami juga mempraktikkan bagaimana membuat sampo antiketombe yang menjadi salah satu item dalam menjaga dan merawat rambut,” tambah Anisah Azzahhrah.

Adapun kegiatan PKM tersebut dilakukan oleh dosen Prodi D-3 Farmasi Poltek Harber apt. Tya Muldiyana, M.Farm sebagai Ketua. Didukung oleh apt. Rosaria Ika Pratiwi, S.Farm., M.Sc dan Resi Maidina Ulfa, A.Md.Farm sebagai Anggota 1 dan 2.  Serta 2 mahasiswa dari Prodi D-3 Farmasi Poltek Harber yang ikut andil dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

22 Desember 2022 - 17:02:33 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Farmasi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa