Pertama di Jawa Tengah, Mahasiswa Magang Dapat Jaminan

Sebagai upaya memberikan perlindungan sosial bagi mahasiswa praktik kerja lapangan (PKL). Politeknik Harapan Bersama (PHB) Tegal mengikutsertakan mahasiswanya pada program BPJAMSOSTEK atau BPJS Ketenagakerjaan untuk program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKm).

Secara simbolis, kartu kepesertaan tersebut diserahkan Kepala BPJAMSOSTEK Tegal, Mulyono Adi Nugroho melalui Kepala Bidang Kepesertaan, Wahyu Triasno kepada mahasiswa PHB Tegal yang didampingi Wakil Direktur II PHB Erni Unggul SU, Selasa (18/1/2022).

Erni Unggul SU menuturkan bahwa hal ini merupakan bentuk kepedulian PHB terhadap perlindungan kemungkinan risiko yang dihadapi oleh mahasiswa saat melaksanakan kegiatan PKL. 

“Mahasiswa memiliki risiko keselamatan kerja yang tinggi ketika mengikuti praktik kerja lapangan. Dengan mengikuti kepesertaan BPJAMSOSTEK, risiko mahasiswa tersebut akan dijamin oleh kampus,” ungkapnya.

Hingga saat ini, lanjut Erni, mahasiswa PHB yang mengikuti program peserta BPJAMSOSTEK sudah mencapai 882 mahasiswa. “Periode pertama, yakni 330 mahasiswa dan periode kedua, yakni 552 mahasiswa. Kami segera upayakan untuk periode selanjutnya,” ucapnya.

“Regulasi tersebut telah tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2016, mahasiswa atau siswa magang atau kerja praktik berhak didaftarkan pada BPJS Ketenagakerjaan. PHB menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Jawa Tengah yang mengikutsertakan mahasiswanya ke dalam program BPJAMSOSTEK,” kata Wahyu.

Mahasiswi Program Studi D-3 Farmasi PHB Alma Eka Mulyanto mangatakan, dengan adanya kerja sama tersebut, sangat bermanfaat bagi para mahasiswa yang sedang menjalankan kegiatan di luar kampus terutama selama PKL.

“Mahasiswa memerlukan jaminan keselamatan yang dapat diberikan sewaktu-waktu saat kita butuhkan. Kami berharap, semoga program ini bisa berjalan dengan baik serta manfaatnya dapat dirasakan oleh semua mahasiswa,” kata Alma.

21 Januari 2022 - 17:18:50 WIB   0
Artikel Mahasiswa   Kemahasiswaan   Lain - Lain   Politeknik Harapan Bersama  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa