PHB Ajak Reviewer Nasional, Latih Dosen Lolos Hibah DIKTI

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) Politeknik Harapan Bersama (PHB) mengadakan Pelatihan Strategi Penulisan Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vokasi 2021, dalam rangka persiapan pembukaan hibah penelitian dan pengabdian yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tahun 2022. 


Pada hari pertama (Rabu, 05/01/22) kegiatan dilaksanakan secara daring yang diikuti oleh seluruh Dosen. Prof. Dr. Ir. Lilik Sudiajeng, M.Erg selaku reviewer nasional dan anggota Tim Penyusun Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Pendidikan Tinggi Vokasi dari Politeknik Negeri Bali, menyampaikan, terkait saat ini Kemendikbud Ristek telah mendesain program-program khusus untuk akademisi di bidang vokasi. Sehingga dosen vokasi bisa lebih memunculkan keunggulan tersendiri dibanding perguruan tinggi akademik (universitas).

Menurut Lilik, tingkat persaingan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat hanya dengan sesama perguruan tinggi vokasi. Sehingga peluang lolos lebih besar, apalagi saat ini ada pemerataan bagi perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. 

“Strategi utama yaitu dengan mengikuti panduan yang ada, serta dengan memunculkan keunggulan-keunggulan dari kampus vokasi, bekerjasama dengan mitra untuk meningkatkan kearifan lokal. Maka proposal penelitian dan pengabdian yang dosen PHB ajukan kemungkinan besar dapat lolos dan didanai,” ungkapnya.

Simulasi unggah proposal dilakukan di hari kedua (Kamis, 06/01/22), dilaksanakan secara luring di Ruang B.4.1 Gedung B Lantai 4 dengan kapasitas terbatas perwakilan dari tiap prodi.

Dalam sambutannya Direktur PHB Agung Hendarto, SE, MA, menuturkan bahwa PHB sebagai perguruan tinggi vokasi, selain diharapkan menghasilkan lulusan yang siap kerja, ada tugas utama yang sangat mulia yaitu tri dharma perguruan tinggi baik penelitian, pengabdian dan pengajar yang sudah menjadi napas bagi setiap dosen. 

“Oleh karena itu dosen PHB harus berlomba-lomba dalam melakukan tri dharma tersebut, terlebih hasil dari tri dharma tersebut menghasilkan publikasi karya ilmiah di jurnal internasional,” tambahnya.

Kepala Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat PHB Kusnadi, M.Pd  mengatakan,  perlu adanya pemahaman terkait panduan Kemendikbudristek agar dosen PHB dapat lolos hibah.

“Dosen perlu mengetahui bagaimana strategi dalam menyusun proposal yang sesuai dan dapat menarik para reviewer untuk memberikan nilai tinggi kepada proposal kita. Sehingga proposal kita dapat lolos dan mendapat pendanaan,” kata Kusnadi

“Apalagi saat ini ada skema Penelitian Dosen Pemula (PDP) sangat diharapkan Bapak/Ibu dosen bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik,” tambahnya


Admin Humas
25 Januari 2022 12:13:51 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan
Virtual Tour
Hubungi Kami