PHB Beri Penyuluhan Bumdes Desa Kepunduhan

Politeknik Harapan Bersama (PHB) memberikan penyuluhan sistem administrasi dan pelatihan akuntansi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Desa Kepunduhan Kabupaten Tegal.

Kegiatan penyuluhan tersebut bentuk dari Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang digagas oleh dosen D3 Akuntansi PHB Elisa Purwitasari SE, M.Acc.Ak.CA.

“Salah satu cara agar BUMDes dapat berjalan maksimal adalah dengan pengelolaan keuangan yang dikelola dengan baik. BUMDes wajib untuk membuat laporan keuangan seluruh unit-unit usaha BUMDes setiap bulan dengan jujur dan transparan,” kata Elisa (16/07).

Menurutnya pelatihan diperlukan untuk menambah ketrampilan dari pengurus BUMDes, pelatihan yang diberikan terkait pengelolaan keuangan BUMDes dengan menggunakan akuntansi sederhana.

Pada penyuluhan yang dilaksanakan di Kantor Kelurahan Desa Kepunduhan (1/7) lalu dihadiri oleh Lurah Desa Kepunduhan Yudha Kurniawan S.H yang didampingi oleh Endro Sri Astuti selaku bendahara BUMDes Bangun Bersama Desa Kepunduhan, dan 20 peserta pelatihan dari warga Desa Kepunduhan.

"Kerja sama antara PHB dengan Kelurahan Kepunduhan dalam hal pendampingan BUMDes agar bisa menjadi kerja sama yg berkesinambungan terutama dalam hal pnyusunan keuangan dan manajerial BUMDes", kata Yudha.

Tim penyuluh dosen Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik M. Alfian, S.E.,M.Si menyampaikan bahwa kegiatan tersebut nantinya dapat disalurkan melalui mahasiswa PHB kepada Desa Kepunduhan.

“Agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di kampus kepada kondisi dan permasalahan yang nyata di masyarakat secara langsung”, tegas Alfian.

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan