PKM Pelatihan Keterampilan Kerja Teknologi Informasi Untuk Masyarakat Home Industry

TEGAL – Sebagai salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi, Dosen Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) dalam bentuk pelatihan pembuatan blog sebagai salah satu media promosi dan pelatihan microsoft excel sebagai pengelolaan administrasi keuangan bagi masyarakat warga kelurahan Randugunting yang memiliki home industry sebagai bentuk pemanfaatan teknologi infomasi yang ada kepada masyarakat luas.

Bertempat di Jln. Merpati Kota Tegal tepatnya di gedung pertemuan BKM Amanah kelurahan Randugunting, proses pelatihan dimulai dari awal Desember 2014 dan direncanakan s.d akhir Januari 2015. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan adalah 25 orang yang terdiri dari warga masyarakat Kelurahan Randugunting dengan berbagai latar belakang usia dan jenis home industri yang berbeda. Dalam pelaksanaannya selaku Ketua Tim pelaksana PKM Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom menerangkan bahwa kegiatan PKM yang dibiayai oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah ini diawali dengan terlebih dahulu  melakukan diskusi dengan pihak kelurahan Randugunting, para tokoh masyarakat dan Koordinator BKM Amanah kemudian dilakukan pemetaan terhadap warga  untuk mengetahui inputan awal mengenai peserta yang benar-benar sebagai pelaku usaha dan memiliki minat untuk mengikuti pelatihan. Pasca pemetaan baru dilakukan diskusi dengan warga/peserta perihal apa saja yang dibutuhkan oleh warga khususnya dalam hal pengembangan peningkatan produktifitas kegiatan home industri warga sekitar.

Didampingi Mc. Chambali, B.Eng., M.Kom, Erni Unggul SU., S.E., M.Si, Dairoh, M.Sc dan Ratih,S.ST  sebagai anggota tim Ginanjar mengatakan pelatihan pembuatan blog dan administrasi keuangan berbasis teknologi ini merupakan bagian kegiatan PKM dosen Politeknik Harapan Bersama Tegal dalam upaya melatih masyarakat agar dapat mempunyai keterampilan dalam memanfaatan media teknologi informasi dalam rangka meningkatkan kapasitas produktifitas usaha home industry masyarakat khususnya warga kelurahan Randugunting Kota Tegal. “Selain para dosen sebagai anggota timnya, kegiatan PKM ini juga melibatkan sekitar 15 mahasiswa Politeknik Harapan Bersama Tegal untuk membantu sehingga mahasiswa dapat mempunyai kesempatan ikut berperan serta dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini”, tambahnya.

Dalam kesempatan itu yang menjadi fasilitator dalam pelatihan pembuatan media  blog adalah Oman Somantri, S.Kom  didampingi oleh Taufik Abidin, S.Pd., M.Kom. Sebagai fasilitator, Oman menuturkan bahwa untuk kegiatan pelatihan pertemuan awal para peserta diberikan materi dasar mengenai pemanfaatan teknologi informasi  yang dilanjutkan dengan pembuatan alamat email. Kemudian selanjutnya kegiatan sudah masuk pada pemberian materi pembuatan account blog dan pengenalan fitur – fiturnya, pengaturan tampilan blog  sesuai dengan yang diinginkan dan  latihan-latihan  menulis beberapa posting artikel terkait dengan kegiatan usaha yang di publikasikan, materi tentang SEO ( Search Engine Optimization)  dalam sebuah blog termasuk implementasi dan pengaturannya  secara teknis. Oman menambahkan bahwa diakhir pelatihan blog, para peserta diwajibkan untuk dapat mempresentasikan blog yang sudah dibuatnya sehingga hasil yang telah dibuat dapat dievaluasi oleh fasilitator maupun oleh para peserta  yang lain.

Sampai berita ini disampaikan saat ini kegiatan PKM Pelatihan Keterampilan Kerja Teknologi Informasi Untuk Masyarakat  Home Industry Kel.Randugunting Kota Tegal masih berlangsung, tetapi dengan materi pelatihan yang berbeda.

@bunghasta
27 Januari 2015 13:04:23 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan