Poltek Gandeng Perusahaan Jepang

Kerja sama  terus dilakukan oleh poliTeknik Harapan Bersama Tegal, dengan perusahaan dalam atau luar negeri. Kali ini, menggandeng perusahaan manufacturing dari Jepang, untuk program magang mahasiswa selama 1 tahun di negeri sakura. Bahkan, seleksi langsung dilakukan oleh perwakilan dari Jepang, yang hadir di Poltek HB Tegal, kemarin (30/6). Mr Sato Toshiya mewawancarai 26 mahasiswa, yang mengikuti program tersebut.

M. Boni Abdillah, MT dari Pusat Perencanaan dan Pengembangan (P3) Poltek HB Tegal menjelaskan, program ini kali kedua dilaksanakan. ” Tahun kemarin sudah, mahasiswa seleksi di jakarta dan belum ada yang lolos,” ungkapnya.

Tahun ini mr. sato tertarik berkunjung langsung ke Tegal, yang dikenal sebagai ‘Jepangnya Indonesia‘. Sehingga menyempatkan diri menyeleksi lalu mengunjungi kota bahari. Kegiatan ini tidak hanya diikuti mahasiswa Poltek HB Tegal. Ada 5 mahasiswa dari bandung dan purwokerto.

Boni menambahkan, peserta magang di Jepang hanya seleksi wawancara satu kali. Bagi mereka yang sudah bisa mencapai level 4 atau disebut N4, langsung berangkat kesana. “Tahun kemarin mungkin belum berhasil. Tahun ini Insya Allah ada yang berangkat, karena sudah dipersiapkan jauh-jauh hari, ” ujarnya.

Yaitu dengan kelas bahasa Jepang masuk kurikulum di Poltek HB Tegal. Setiap 3 hari sekali melakukan latihan bahasa Jepang. Juga ada kelas bahasa lain, seperti bahasa inggris, kaitannya kerjasama dengan korea dan kamboja.

Program tersebut juga gratis, tidak memungut biaya apapun. Mahasiswa cukup membuat pasport sendiri, untuk keberangkatannya ke negeri matahari. Sedangkan untuk biaya hidup, lanjut Boni, menggunakan gaji yang akan mereka dapatkan. yaitu sebesar 150 ribu Yen atau setara dengan Rp. 15 Juta.

Lebih lanjut Kaprodi D3 Teknik Mesin, Drs. Agus Suprihadi mengungkapkan, program magang 1 tahun di Jepang sekaligus pembelajaran bahasa bagi mahasiswanya. (ela)

@bunghasta
01 Juli 2014 19:08:35 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan