POLTEK HARBER AJAK MAHASISWA PERCAYA DIRI MENJADI WIRAUSAHA FARMASI

Program Studi (Prodi) D-3 Farmasi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Tegal selenggarakan seminar kewirausahaan dengan tema Eksplorasi Kearifan Lokal sebagai Prospek Usaha Menjanjikan, pada Jumat (10/03/23).

Kepala Program Studi (Kaprodi) D-3 Farmasi apt. Sari Prabandari, S.Farm., M.M, mengatakan dengan adanya webinar ini tentunya mahasiswa Farmasi pada khususnya bisa selalu belajar, mengambil manfaat, ilmu, serta pengalaman yang disampaikan narasumber. “Sehingga nantinya apa yang diperoleh dari sini bisa bermanfaat dan dijadikan bekal nanti apabila ingin melakukan kewirausahaan dalam bidang kefarmasian”.

Melalui tema tersebut mahasiswa diajak untuk bisa melihat kearifan lokal dalam bidang kefarmasian, agar bisa dieksplor lebih jauh dan dimanfaatkan lagi. “Dalam kesempatan ini mahasiswa bisa mengeksplor bahan-bahan alam yang biasa digunakan praktik kuliah. Agar bisa dimanfaatkan lebih lanjut dan dipasarkan, ” kata Sari. 

Narasumber Poltekkes Kemenkes Surakarta, Dr. apt. Indri Kusuma Dewi, S.Farm., M.Sc., selaku owner Omah Djamoe Arroyyan membahas terkait wirausaha dalam bidang farmasi dan latar belakang tanaman obat. 

“Rempah-rempah Indonesia merupakan suatu potensi yang patut kita banggakan. Kekayaan rempah-rempah Indonesia di dunia menduduki nomor 2 setelah Brazil. Jamu merupakan warisan budaya secara empiris. Peran kita sebagai tenaga kefarmasian yaitu kita harus membuktikan secara ilmiah,” ujarnya.

Indri menjelaskan beberapa produk tanaman obat di pasaran seperti, simplisia, serbuk dan sediaan galenic. Simplisia yaitu bahan alami yang digunakan sebagai obat yang belum mengalami pengolahan apapun. Simplisia merupakan bahan yang dikeringkan. 

“Jika ingin berwirausaha dari sekarang. Mahasiswa bisa membentuk produk instan skala industri rumah tangga seperti jahe, jahe merah, secang, kunyit, kunyit putih, temulawak, dan pace,” tambahnya. 

Entrepreneur sejati, lanjut Indri, dapat menciptakan nilai lebih dari sesuatu yang tidak berharga menjadi berharga atau bernilai lebih. Wirausaha adalah upaya kemampuan atau keberanian untuk melihat peluang. 

“Seorang entrepreneur itu harus memiliki ide-ide gila yang kreatif dan  dapat memunculkan inovasi. Jiwa yang ada pada entrepreneur yaitu perlu tampil percaya diri, optimis, berorientasi futuristik, inisiatif, cekatan dalam bertindak, disiplin, bertanggung jawab, tangguh, berani ambil resiko, dan penuh perhitungan,” tuturnya.

20 Maret 2023 - 17:02:21 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Farmasi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa