Poltek Harber Ajak Remaja Putri Cegah Sindrom Premenstruasi

Prodi D-3 Kebidanan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) melakukan kegiatan pengabdian masyarakat di SMK Astrindo Kota Tegal, pada (10/1/23).

Kegiatan ini diketuai oleh Dosen Kebidanan Poltek Harber Juhrotun Nisa yang diikuti oleh 32 siswa dan guru SMK Astrindo Kota Tegal. Dengan mengusung tema “Upaya Promotif Penanganan Premenstrual Syndrom Pada Remaja Putri”. 

“Hasil pre-test diketahui mayoritas peserta memang sudah tahu gejala yang muncul saat menjelang menstruasi. Namun, banyak  siswa yang yang belum memahami upaya yang dapat dilakukan untuk meredakan keluhan tersebut,” kata Juhrotun.

Juhrotun menuturkan, aktivitas fisik dan indeks massa tubuh (IMT) berhubungan dengan tingkat keparahan sindrom premenstruasi/premenstrual syndrome (PMS). Berdasarkan IMT, remaja dengan status gizi overweight dan obesitas lebih banyak yang mengalami PMS dibandingkan dengan remaja putri dengan status gizi kurus dan normal.

“Pemantauan IMT harus dilakukan secara rutin untuk memastikan kondisi berat badan tetap ideal. Remaja perlu untuk mulai merubah pola makan yang lebih sehat dengan mengkonsumsi makan-makanan bergizi dan mengatur jumlah kalori yang masuk sesuai dengan aktivitas harian. Upaya-upaya tersebut selain membuat tubuh sehat juga dapat mengurangi keluhan menjelang menstruasi,” ujarnya.

Juhrotun juga mengajak siswa untuk meningkatkan aktivitas fisik dengan prinsip BBTT yaitu baik, benar, terukur dan teratur. 

Sementara, Guru SMK Astrindo Kota Tegal, Robiyatul Adawiyah mengungkapkan, kegiatan ini membantu sekolah untuk memberikan edukasi reproduksi dari perspektif kesehatan kepada siswa. 

“Kami berharap agar kemitraan yang baik dengan Poltek Harber dapat berlanjut. Khususnya edukasi maupun pelatihan terkait masalah kesehatan siswa,” tuturnya.

Admin Humas
24 Januari 2023 13:53:26 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan
Virtual Tour
Hubungi Kami