Poltek Harber Ajari Siswa SMK Dinamika Program Raspberry Pi Pico

Tim dosen Prodi D-3 Teknik Elektronika Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) beri pelatihan siswa SMK Dinamika Kota Tegal dalam kegiatan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) di SMK Dinamika Kota Tegal.

Much Sobri Sungkar menuturkan program ini digagas untuk dalam memberikan ilmu pengetahuan dan pengalaman kepada siswa tentang ilmu di bidang teknik elektronika.

“Penerapan aplikasi yang kami ajarkan menggunakan Raspberry Pi Pico untuk berbagai macam input dan output seperti LED, pushbutton, LCD  motor stepper dengan menggunakan pemrograman berbasis arduino,” kata Sobri, (19/1/23).

Bahrun Niam menjelaskan,  Raspberry Pi Pico merupakan salah satu mikrokontroler yang sangat mudah digunakan karena mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat dijalankan dengan bahasa pemrograman yang sederhana dan harganya yang terjangkau.

“Selain menggunakan  Raspberry Pi Pico, siswa juga dilatih menggunakan sistem simulasi yaitu menggunakan aplikasi Wokwi. Melalui aplikasi Wokwi siswa dapat merancang hardware, memprogram dan menjalankannya secara langsung,” ujar Bahrun.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Dinamika Kota Tegal Ali Alfatah menuturkan program PKM yang dilaksanakan oleh Prodi D-3 Teknik Elektronika Poltek Harber telah memotivasi dan memberikan ilmu yang relevan untuk siswanya.

“Mudah-mudahan ilmu ini dapat kami gunakan untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang teknologi demi kemajuan sekolah ini,” ujar Ali.

“Kami berharap tim PKM dari Prodi D-3 Teknik Elektronika Poltek Harber dapat datang kembali untuk memberi pelatihan terhadap guru SMK Dinamika Kota Tegal,” tambahnya.

Kegiatan ini diinisiasi oleh dosen Prodi D-3 Teknik Elektronika Poltek Harber, dengan ketua tim PKM Much Sobri Sungkar dan beranggotakan Bahrun Niam dan Wustol Bahri. Serta turut serta mahasiswa Prodi D-3 Teknik Elektronika Poltek Harber yaitu  Agung Prayoga dan Muhammad Wildan Baihaqi.

Admin Humas
24 Januari 2023 13:54:40 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan
Virtual Tour
Hubungi Kami