Poltek Harber Dampingi BumDes Kembangkan Potensi Desa Wisata dan Beri Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan

Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan (STr) Akuntansi Sektor Publik dan D-3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) beri sosialisasi terkait pendampingan desa wisata dan pelatihan penyusunan laporan keuangan di Pendopo Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal, pada Kamis (24/03/2022). Sebanyak 13 Direktur BumDes Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal mengikuti sosialisasi tersebut.


Dosen STr Akuntansi Sektor Publik Mohammad Alfian, M.Si., Ak menyampaikan, pertemuan awal ini adalah pelatihan mengenai dasar Akuntansi sebagai dasar dalam penyusunan laporan keuangan yang mana merupakan kewajiban BUMDesa selaku badan usaha yang diberikan wewenang oleh desa dalam mengelola potensi ekonomi yang ada di desanya.

“Melalui Peraturan Pemerintah No 11 Tahun 2021 pemerintah melakukan perhatian secara khusus terhadap pengelolaan BUMDesa dengan mengeluarkan regulasi secara jelas mengenai pengelolaan BUMDesa serta pelaporan keuangan yang harus disusun oleh BUMDesa sebagai bentuk pertanggung jawaban manajemen,” kata Alfian.

Ketua Prodi D-3 Perhotelan Puput Dewi Anggraeni, SST.Par., M.Par  menambahkan, para peserta juga dibekali pengetahuan dan pemetaan potensi wisata yang ada di masing-masing desa Kecamatan Kramat. “Dari potensi tersebut dapat dikembangkan menjadi desa wisata yang nantinya dapat membawa keuntungan bagi masyarakat setempat,” kata Puput.

Potensi wisata terdapat dalam Peraturan Daerah Provinsi Jawa Tengah Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Pemberdayaan Desa Wisata di Provinsi Jawa Tengah antara lain tentang basis pemberdayaan desa wisata. Dalam perda tersebut, lanjut Puput, basis pemberdayaan desa wisata dibagi menjadi tiga. Pertama, wisata alam yang meliputi daya tarik wisata berbasis sumber daya alam perdesaan. Selanjutnya, wisata budaya yang meliputi daya tarik wisata berbasis tradisi budaya dan kearifan lokal, dan wisata hasil buatan manusia yang meliputi daya tarik wisata berbasis kreasi dan kreatifitas orang perorangan maupun kelompok..

Camat Kecamatan Kramat Bambang Suliarso, BA menyampaikan, perlunya pendampigan dari perguruan tinggi terhadap manajemen BUMDesa dalam pengelolaan dan pelaporan atas kegiatan operasional yang dilakukan agara pelaporan keuangan yang dilakukan sesuai dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

“Dengan adanya pendampingan dari perguruan tinggi diharapkan pengelolaan BUMDesa dapat lebih optimal sehingga keberadaan BUMDesa dapat memberikan manfaat bagi masyarakat desa dan dapat berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Desa,” kata Bambang.

“Kegiatan terdekat selanjutnya yaitu dilakukannya pendampingan secara intensif terhadap 10 Desa yang ada di Kecamatan Kramat yang dilakukan oleh kolaborasi antara mahasiswa dan dosen STr Akuntansi Sektor Publik,” kata Alfian.


06 April 2022 - 17:12:04 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Perhotelan   Prodi D-4 Akuntansi Sektor Publik  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa