Poltek Harber Raih Pendanaan Kreativitas Mahasiswa Tertinggi Tahun 2023

Mahasiswa Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) berhasil meraih pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Vokasi Skema Pendanaan Tahun 2023 tertinggi dalam kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS) oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbud Ristek, RI pada (05/05/23).

Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, Gunawan Adib Achmadi menuturkan, mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi telah bersaing ketat agar berhasil lolos pendanaan PKM. “Lomba ini bergengsi karena yang dipertandingkan adalah kreativitas gagasan dan inovasi sesuai bidang yang dipelajari.”

“Prestasi ini menjadi prestise dan kebanggaan bagi kampus Poltek Harber karena mahasiswa kami berhasil lolos proposal PKM tingkat nasional. Mereka akan mendapat penghargaan berupa pembiayaan dari pemerintah pusat dengan total 44.250.000 juta rupiah,” kata Adib.

Adib menambahkan, mahasiswa yang lolos PKM akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti tahapan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) yang memperlombakan inovasi dan kreatifitas mahasiswa di tingkat nasional.  

Angkat Permasalahan Limbah Kertas

Salah satu mahasiswa Program Studi D-4 Akuntansi Sektor Publik Poltek Harber, Shafa Fuadha mengangkat tema PKM mengenai permasalahan limbah kertas di Kabupaten Tegal.

“QUPERDAME 3D (Quilling Paper dalam Frame 3 Dimensi) ini dapat menjadi solusi dari permasalahan limbah kertas. Hal ini karena daur ulang kertas menjadi bahan baku utama yang kami gunakan,” kata Shafa.

Proposal PKM Shafa bersama anggotanya mengangkat judul “Pemanfaatan  Kertas  Bekas Menjadi Produk Bernilai Ekonomis sebagai Upaya Peningkatan Sosio Ekonomi Penyandang Disabilitas di Kabupaten Tegal”. Dalam risetnya Ia menggandeng Komunitas Disabilitas Kabupaten Tegal yang dinaungi oleh Loka Bina Karya (LBK) yang menjadi salah satu sarana pelayanan dan rehabilitasi sosial bagi penyandang masalah kesejahteraan sosial. 

“Kami akan mengolah limbah kertas menjadi produk kerajinan QUPERDAME 3D dan melakukan sosialisasi pemanfaatan media digital sebagai alat pemasaran di masa kini. Pemberdayaan bagi kelompok penyandang disabilitas bertujuan untuk mengurangi kesenjangan dan meningkatkan taraf hidup dalam bidang sosial dan ekonomi,” ujarnya.

Adapun dari 17 perguruan tinggi swasta vokasi penerima pendanaan PKM tahun 2023, Poltek Harber lolos 7 proposal, disusul Politeknik Kesehatan Bhakti Setya Indonesia sebanyak 5 proposal dan Politeknik LPP Yogyakarta tembus 4 proposal.

10 Mei 2023 - 16:51:55 WIB   0
Artikel Mahasiswa   Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)   Kemahasiswaan   Lain - Lain   Penelitian Dosen   Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi   Prodi D-3 Desain Komunikasi Visual   Prodi D-3 Farmasi   Prodi D-3 Kebidanan   Prodi D-3 Keperawatan   Prodi D-3 Perhotelan   Prodi D-3 Teknik Elektronika   Prodi D-3 Teknik Komputer   Prodi D-3 Teknik Mesin   Prodi D-4 Akuntansi Sektor Publik   Prodi D-4 Teknik Informatika   Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa