Popala Adakan Tanam 5000 Bibit Pohon

Saat sekarang ini bumi kita sedang mengalami masalah yang sangat berbahaya bagi kehidupan manusia. Dikarenakan lapisan ozon yang terdapat di atmosfer sebagai pelindung bumi dari sinar ultra violet yang dipancarkan oleh sinar matahari mulai menipis. Peristiwa seperti ini disebut juga sebagai “global warning”.

Untuk meminimalisir dari kerugian lapisan ozon bumi ini,  Kita sebagai manusia haruslah mempunyai kesadaran akan peristiwa tersebut, dan menjaga bumi kita dengan malakukan penghijauan dilingkungan baik dirumah, kantor, sekolah maupun lingkungan kampus. Atas dasar pengetahuan ini, dari mahasiswa “POPALA” pecinta alam politeknik harapan bersama tegal mengadakan pogram penghijauan, dengan tema “Gerakan Penanaman 5000 Pohon”. Acara ini dilangsungkan pada Sabtu,09 Januari 2016 bertempat di Bumijawa, Kabupaten Tegal. Peserta berjumlah 200 orang, Dari kalangan siswa-siswi SMA/SMK  Kota Tegal/Kab Tegal , dan 130 orang dari kalangan pendaki dan mahasiswa beberapa universitas disekitar Kota Tegal.

Sebelum kegiatan penanaman dilakukan, Acara pertama adalah upacara pembukaan yang bertempat di Kampus 2 Politeknik Harapan Bersama Tegal, Yang beralamat  Jalan Dewi Sartika No 71 Pesurungan Kidul Acara di buka oleh Wakil Direktur III bidang kemahasiswaan Umi Baroroh, M.Kes, dalam sambutannya “Agar kita sebagai manusia sadar akan bumi kita, menjaga dan melestarikan bumi kita, dengan langkah awal menanam pohon agar nantinya bumi kita bisa stabil dan pemanansan global semakin berkurang”ucapnya. Upacara dimulai dari pukul 08.00- 08.30. Acara selanjutnya adalah TM “Tekhnical Meeting” oleh ketua panitia kegiatan yaitu Romdon Miftah.

Setelah peserta mendengarkan technical meeting segera dilakukan pemberangkatan Jam 09.00 menggunakan transportasi yang telah disediakan oleh panitia.

Setelah sampai pada tempat tujuan di Bumijawa. Dilakukan upacara lanjutan yaitu upacara penyerahan bibit tanaman.

Penanaman di mulai dari jam 10.00, untuk penanaman sesi pertama tempatnya dibukit prau, ada sekitar 3200 bibit tanaman yang akan ditanam di bukit Prau.

Acara selanjutnya jam 12.30 ISHOMA (istirahat, sholat, makan). Setelah ISHOMA panitia dan para peserta melakukan penanaman untuk sesi kedua  yang tempatnya dibawah jembatan Bumijawa. Tujuan di tananamnya pohon di tepi sungai bawah jembatan agar tidak terjadi erosi.

Kegiatan penanaman selesai pada jam 14.00 dan pada jam 14.30 semua panitia dan para peserta bergegas untuk pulang ke Kota Tegal (kampus 2). Selesai acara Penanaman di lanjutkan dengan Acara Musik yang di mulai pukul 20.00 Wib. Di isi dengan Penampilan Dari ukm Musik dan Teater Poltek.

Dengan adanya kegiatan penanaman ini semoga menjadi kegiatan pembukaaan yang baik di awal tahun 2016 dan bisa melakukannya lagi pada tahun-tahun berikutnya. Menanam satu bibit pohon menghasilkan sejuta manfaat.

@bunghasta
30 Januari 2016 15:39:15 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan