Praktik Klinik Kebidanan I Politeknik Harapan Bersama Tegal

Slawi, Selasa 13 Januari 2015, Mahasiswa kebidanan Politeknik Harapan Bersama Tegal semester III Berjumlah 80 Didampingi oleh Ka. Prodi DIII Kebidanan Ulfatul Latifah, SKM dan beberapa Dosen kebidanan mengukuti kegiatan Pembelajaran pratek klinik bertempat di Gedung PKK Slawi, kegiatan Praktek Klinik Kebidanan ini memungkinkan peserta didik untuk mendapatkan pengalaman nyata tentang praktek klinik yang dibutuhkan dalam pekerjaan, belajar bertanggung jawab terhadap profesi, mengembangkan hubungan interpersonal, internalisasi profesional, pemahaman aspek sosial dari setting kesehatan, dan konsolidasi teori ke dalam praktek.

Dalam Sambutannya Ka Dinas Kab Tegal yang diwakili oleh ka. Bag Kesga Teguh Mulyadi, SKM, M.Si dan Ka, Sie KIA Istikomah, SST, M. Kes Menyampaikan Melalui praktek klinik, mahasiswa dapat mengembangkan dan memadukan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang akan diperlukan dalam kehidupan professional sehingga siap sepenuhnya dalam praktik sebagai bidan yang kompeten sesuai dengan kewenangannya dalam memberikan asuhan kebidanan yang komprehensif. Untuk mencapai praktek klinik yang efektif diperlukan beberapa aspek penting yaitu adanya personal yang mengawasi, menilai dan memfasilitasi proses belajar, adanya lingkungan belajar diklinik yang kondusif. Kerja sama yang terpadu antara Institusi pendidikan, organisasi profesi IBI dan dinas kesehatan setempat sangat menunjang tercapainya tujuan pembelajaran klinik kebidanan, Istiqomah mewanti wanti kepada mahasiswa yang akan praktek agar supaya tertib dan tidak membuat masalah.

Arfan Haqiqi S, S, Kom selaku Pembantu Direktur 1 Politeknik Harapan Bersama Tegal menambahkan Upaya untuk mencapai kompetensi lulusan mengaju pada kurikulum inti DIII Kebidanan tahun 2011 ditetapkan prosentase pembelajaran praktik sebesar 60% meliputi praktik dalam konteks praktikum laboratorium (P) maupun praktik klinik (K). Pembelajaran praktik lapangan terdiri atas Praktikum di lahan praktik dan Praktikum Kebidanan (klinik maupun masyarakat).

@bunghasta
29 Januari 2015 13:17:24 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan