Pramuka Racana Politeknik Harapan Bersama Lantik Anggota Melalui Penerimaan Tamu Racana

Dengan mengambil tema “Satya Ku Dharmakan, Dharma Ku Baktikan” Gerakan Pramuka Racana Politeknik Harapan Bersama Tegal mengadakan kegiatan pelantikan penerimaan Tamu Racana. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 1 s.d 2 Agustus 2015 bertempat di Bumi Perkemahan Pantai Alam Indah (PAI) Kota Tegal. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh wakil direktur III bidang kemahasiswaa Umi Baroroh, S.SiT.,M.Kes mewakili direktur selaku Ka.Mabigus dengan Pembukaan acara yaitu upacara yang dilaksanakan di lapangan kampus I Politeknik harapan Bersama Tegal. Pada kesempatan itu hadir pula para anggota Mabigus dan Pembina pramuka Racana putra dan putri pramuka racana Politeknik Harber tegal. Kegiatan ini diikuti oleh 160 orang mahasiswa calon anggota pramuka racana yang berasal dari prodi Kebidanan.

Dalam Sambutannya, Umi Baroroh, S.SiT., M.Kes mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu kewajiban yang harus diikuti oleh seluruh calon anggota pramuka dan kegiatan ini merupakan sebagai sebuah apresiasi bagi para calon anggota pramuka untuk dilantik sebagai angggota pramuka. Didampingi anggota Mabigus lain Arfan Haqiqi Sulasmoro, S.Kom dan Heru Nurcahyo, S.Farm., M.Sc., Apt  beliau menambahkan bahwa kegiatan pramuka ini merupakan sebuah kegiatan non akademik yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa, dengan kegiatan ini diharapkan nilai softskill yang dimiliki oleh mahasiswa yang mengikutinya bisa meningkat. “ Kakak yakin, adik-adik semua sudah siap menjadi anggota pramuka, maka kegiatan pelantikan penerimaan tamu ini diselenggarakan”, pungkasnya.

Kegiatan penerimaan tamu racana pramuka setelah pembukaan dilaksanakan, kemudian dimulai para peserta untuk sampai di tempat kegiatan diwajibkan harus berjalan kaki menuju tempat kegiatan, mulai dari kampus 1 politeknik Harber berjalan kaki sampai ke tempat tujuan yaitu bumi perkemahan Pantai Alam Indah (PAI) Tegal. Bentuk kegiatan yang dilaksanakan selain pemberian materi mengenai pengenalan pramuka Racana, juga dilakukan diskusi-diskusi mengenai perkembangan pramuka saat ini serta kegiatan outbond untuk meningkatkan rasa kebersamaan para peserta kegiatan. Selain itu diberikan pula materi oleh pemateri yang berasal dari Kwarcab Pramuka Kota tegal serta dari Pramuka Saka Bhakti Husada dari Dinas kesehatan kota Tegal. Pada malam harinya diadakan kegiatan acara Api Unggun dan acara hiburan bagi para calon anggota racana.

Pelantikan para calon anggota pramuka Racana dilakukan oleh Oman Somantri, M.Kom selaku Ka. Gudep Racana Politeknik Harapan Bersama Tegal, dan sebanyak 160 anggota pramuka racana dilantik menjadi anggota Pramuka. Dalam sambutannya, Oman Somantri, M.Kom mengucapkan selamat kepada seluruh peserta kegiatan karena mulai saat ini sudah syah diakui sebagai anggota pramuka racana. Untuk selanjutnya, para peserta anggota yang dilantik ini diharapkan untuk selalu mengaplikasikan nilai-nilai dari kepramukaan itu sendiri didalam kehidupan sehari-hari yaitu selalu berpedoman kepada Dhasa Dharma pramuka dan Tri Satya pramuka, tegasnya.

Pada kesempatan ini Ulfatul Latifah, SKM., M.Kes selaku anggota Mabigus dan secara kebetulan menjabat sebagai Ka. Prodi Kebidanan mengatakan merasa bangga bahwa anak didiknya ternyata dapat mengikuti seluruh kegiatan ini dengan baik tanpa ada hal-hal yang tidak diinginkan. Pada akhir acarapun ucapan selamat diberikan kepada seluruh peserta kegiatan oleh para senior dan para Pembina pramuka serta anggota Mabigus yang hadir.

15 Agustus 2015 - 17:20:14 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Kebidanan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa