Prinsip Persalinan Secara Islami, Melahirkan Keshalihan

Tegal, Sabtu, 07 November 2015 bertempat di Aula Politeknik Harapan Bersama sebanyak 400 mahasiswa Prodi kebidanan mengikuti seminar yang dimotori oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Kebidanan (HMP) dengan Tema : PRINSIP PERSALINAN SECARA ISLAMI, MELAHIRKAN KESHALIHAN, dalam seminar tersebut hadir pula Wakil Direktur 1, Kepala Program studi Kebidanan para Kepala Unit, Dosen dan tamu Undangan.

Dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan ini wakil direktur 3 umi Baroroh, M. Kes menyampaikan tujuan dari diadakannya seminar ini antara lain  Memberikan pengetahuan tentang persalinan maryam kepada mahasiswi kebidanan, Dosen Prodi Kebidanan Politeknik Harapan Bersama Tegal dan bidan, Sebagai pelatihan untuk tim sukses persalinan, Meningkatkan wawasan mengenai persalinan sehingga nantinya saat mahasiswa mulai terjun di masyarakat baik praktek ataupun lulus nantinya mahasiswa dapat mengaplikasikan ini dalam kegiatan nyata.

Pembicara dalam seminar tersebut Mugi Rahayu, Amd.Keb, S.Fil menyampaikan bahwa Menerapkan ilmu islam dalam kehidupan sehari-hari secara kaffah memang bukan perkara yang mudah. Sadar maupun tidak, kita sudah terbiasa maklum dengan cara-cara sekuler dalam beraktifitas. Salah satu yang banyak tidak kita sadari adalah perihal persalinan. Islam sebaik-baiknya agama memiliki Alquran sebagai petunjuk hidup manusia. Ternyata, Alquran juga mengatur bagaimana bersalin dengan cara yang syar’i. Muslimah di era modern tidak jarang keliru dalam memahami persiapan bersalin. Seperti dalam gerakan-gerakan sholat bila dilakukan dengan benar ternyata sangat baik untuk kesehatan termasuk yang berkaitan dengan reproduksi. Dalam surat Maryam ayat 22 s.d. 26, Allah menjelaskan proses Maryam saat akan melahirkan nabi Isa a.s. Tujuan Persalinan Maryam adalah keselamatan ibu beserta keluarga dan juga pendamping persalinannya di dunia dan pasti akhirat. Nyaman dan keindahan itu ada di hati yang mengingat Allah. Dalam perjalanannya intervensi dilakukan jika hanya dibutuhkan dan bertujuan keselamatan. Keyakinan pada Allah adalah sebagai satu-satunya penyelamat. Karena persalinan adalah ibadah yang terjadi atas ijin Allah. Ikhlaskan dirimu untuk melakukan yang terbaik untuk Rob-Mu, melahirkan penerus keshalihan para Nabi. Mahasiswa sangat antusias terlihat dari banyaknya pertanyaan yang muncul saat Moderator yaitu dosen kebidanan Umri Aty, S.Sit memandu seminar kebidanan ini.

@bunghasta
24 November 2015 14:31:50 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan