Prodi Akuntansi Sektor Publik PHB Dampingi Pembentukan BUMDes

TEGAL - Merujuk pada nawacita yang dicetuskan oleh Presiden Joko Widodo untuk pemerataan kesejahteraan masyarakat Indonesia terutama di daerah pedesaan, maka pemerintah mengadakan suatu program yang dinamakan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Program BUMDes dimaksudkan agar masyarakat pedesaan bisa memiliki suatu usaha mandiri yang dimana dikelola oleh masyarakat desa dan nantinya bisa digunakan untuk membangun baik infrastruktur maupun untuk meningkatkan produktivitas masyarakat desa. Akan tetapi banyak yang belum mngetahui mengenai bagaimana program BUMDes ini seharusnya dilaksanakan.

Pada Musyarawah Desa Kamis (25/4) lalu dibuka secara langsung oleh Camat Dukuhturi Muhtadi, S.Sos serta dihadiri oleh Kepala Desa Karanganyar Mas'udi, S.H, dan Kepala BPD Karanganyar Warjo, serta Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Dukuhturi Adi Darisman. “Musyawarah Desa Karanganyar ini bertujuan untuk mengesahkan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) BUMDes, Pengesahan pembentukan BUMDes, dan pengesahan Pengurus BUMDes,” terang Muhtadi.

Hadir pula tim ahli dari dosen Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama Mohammad Alfian, S.E.,M.Si dan M. Sofyan Firmansyah, S.S.M. melakukan pendampingan kepada aparat desa dan masyarakat desa dalam pembentukan BUMDes di desa Karanganyar, Kabupaten Tegal. 

Mohammad Alfian menyampaikan bentuk usaha BUMDes agar sesuai dengan kultur masyarakat desa Karanganyar, Kabupaten Tegal. “Musyawarah Desa ini bertujuan agar masyarakat lebih memahami bentuk usaha apa yang berpotensi di daerahnya, bagaimana cara mengelola penyusunan laporan keuangan BUMDes, dan bagaimana pelaporan keuangan BUMDes nanti”, terangnya. 

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa, Adi Darisman juga menambahkan bahwa ketua RT & ketua RW diperbolehkan untuk menjadi pengurus BUMDes.

Dalam musyawarah desa tersebut ditetapkan bentuk-bentuk usaha BUMDes di desa Karangayar yang telah disepakati berupa Usaha peternakan Jangkrik, ikan Lele, dan Cacing, Usaha Simpan Pinjam, dan Usaha Warung Desa yang nanti akan menjual pakan lele, alat pancing dan kebutuhan - kebutuhan rumah tangga.

@bunghasta
29 April 2019 16:35:52 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan