Prodi ASP Poltek Harber Dampingi BUMDesa Kelola Sistem Informasi Akuntasi

Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) dan Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal adakan sosialisasi dan bimtek mengenai pelaporan keuangan BUMDesa, di Aula Gedung C, Poltek Harber, Selasa, (29/11/22).

Ketua Program Studi Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik, Mohammad Alfian, menuturkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Permendesa PDTT)  No 3 Tahun 2021 sangat penting untuk BUMDesa.

“Permendesa tersebut terkait dengan pelaporan keuangan yang harus dilaporkan oleh BUMDesa setiap tahunnya. Oleh karenanya, pengelola BUMDesa harus bisa menyusun pelaporan keuangan BUMDesa sesuai dengan regulasi yag ada,” kata Alfian.

Sebanyak 18 pengelola BUMDesa di kecamatan Kramat mengikuti sosialisasi terkait dengan adanya Permendes PDTT No 3 Tahun 2021. Para peserta akan dilatih menggunakan aplikasi sistem informasi akuntansi (SIA) BUMDesa yang dapat digunakan untuk melakukan penyusunan laporan keuangan sesuai dengan standar pelaporan keuangan yang berlaku. 

“Pelatihan mengenai penggunaan SIA BUMDesa diharapkan nantinya pengelola BUMDesa bisa menguasai SIA BUMDes untuk menyusun laporan tahunan,” ujar Tenaga Ahli (TA) Pengembangan Ekonomi Desa, Kab. Tegal, M. Jamroni.

Sementara, Perwakilan Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal, Bu Diah, mengatakan kolaborasi yang dilakukan Prodi ASP Poltek Harber telah membantu membangun dam meningkatkan kapasitas SDM kecamatan kramat.

“Dengan adanya penandatanganan MOA antara Prodi ASP Poltek Harber dan Kecamatan Kramat maka dapat dilakukan program-program lain yang dapat membangun kapasitas masyarakat dan juga para perangkat yang ada,” kata Diah.

Kepala Bidang Pengembangan dan Kerjasama Desa Dispermades Kabupaten Tegal, Sudigdo menuturkan, Prodi ASP Poltek Harber telah berkontribusi dalam membantu pemerintah kabupaten tegal dalam mendampingi desa-desa yang telah menjadi desa binaannya. 

“Diharapkan setelah kegiatan ini akan ada kerja sama lebih lanjut antara ASP Poltek Harber dengan Dispermadesa Kabupaten Tegal

07 Desember 2022 - 15:55:02 WIB   0
Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-4 Akuntansi Sektor Publik  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa