Prodi D-3 Akuntansi Harber Latih Siswa SMKN 2 Ilmu Perpajakan

TEGAL - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Program Studi (Prodi) D-3 Akuntansi Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) melaksanakan pelatihan untuk peningkatan kemampuan perpajakan dalam menghitung dan pelaporan SPT Masa PPh 21 yang disesuaikan dengan Peraturan Perpajakan terbaru, UU HPP (Undang-undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan) pada Rabu, (15/06/2022).

Sejak disahkannya Undang-undang HPP yaitu UU No. 7 Tahun 2021 pada tanggal 29 Oktober 2021 maka mulai tahun 2022 beberapa peraturan perpajakan mengalami pembaharuan. Salah satu perubahan peraturan perpajakan tersebut adalah terkait tarif PPh 21 untuk WP OP (Wajib Pajak Orang Pribadi). Tarif PPh 21 semula terdiri dari 4 lapisan menjadi 5 lapisan PKP (Penghasilan Kena Pajak).

Ketua PKM Ririh Sri Harjanti, SE, MM menjelaskan, tujuan diadakannya PKM ini yaitu untuk meningkatkan kompetensi di bidang perpajakan pada generasi muda khususnya siswa SMK Negeri 2 Kota Tegal. 

“Dan untuk menambah kemampuan siswa SMK N 2 dalam menghitung serta membuat pelaporan SPT Masa PPh 21 yang disesuaikan dengan peraturan terbaru yang berlaku,” ucap Ririh.

Pelatihan Perpajakan ini dilakukan di Ruang Laboratorium Komputer Akuntansi SMK N 2, dengan melakukan tutorial kasus menghitung dan mengisi SPT Masa PPh 21 menggunakan Program Excel. Pelatihan Peningkatan Kemampuan Perpajakan diikuti sebanyak 26 siswa Jurusan Akuntansi SMK Negeri 2 Kota Tegal.

“Kami selaku guru produktif akuntansi di SMK Negeri 2 Tegal merasa senang dengan adanya pengabdian masyarakat dari Poltek Harber. Karena dapat memberikan tambahan wawasan, pengayaan materi, dan kesempatan praktik bagi siswa kami terkait dengan materi administrasi pajak yang memang sesuai dengan kompetensi keahlian mereka,” kata Siska Ardiasih, S.Pd selaku Guru Akuntansi SMK N 2 Tegal.


24 Juni 2022 - 16:42:29 WIB   0
Lain - Lain   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Akuntansi  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa