Prodi DKV Poltek Harber Wujudkan Keunggulan Bidang Animasi di Jawa Tengah Melalui Program Competitive Fund 2023

Program studi (Prodi) D-3 Desain Komunikasi Visual (DKV) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) berhasil memperoleh pendanaan dalam program Competitive Fund Vokasi Tahun 2023 yang digelar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan, Teknologi (Kemendikbudristek). 

Sebelum dinyatakan lolos pendanaan Competitive Fund, Prodi D-3 DKV Poltek Harber telah melakukan pengusulan proposal oleh Tim Task Force yang beranggotakan pimpinan perguruan tinggi dan dosen prodi. Beberapa tahapan seleksi hingga tahapan evaluasi kelayakan proposal usulan program Competitive Fund Vokasi Tahun 2023 diselenggarakan di Jakarta, pada Sabtu (6/5/23).

Wakil Direktur Bidang Akademik Poltek Harber, Heru Nurcahyo, Competitive Fund ini mendorong program studi untuk mewujudkan keunggulan yang spesifik. Program unggulan yang menjadi spesifikasi di program studi D-3 DKV adalah animasi. 

“Wilayah Karesidenan Pekalongan Jawa Tengah belum ada Perguruan Tinggi Vokasi yang menekankan pengembangan animasi. Harapannya dengan pendanaan Competitive Fund ini keunggulan tersebut dapat diwujudkan dengan penguatan SDM yang kompeten dan tersertifikasi serta ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai”, ungkap Heru.

Total pendanaan yang diperoleh sebesar Rp 907.964.700 dan akan dialokasikan untuk beberapa program antara lain penguatan tata kelola dan kemitraan, peningkatan kualitas dan inovasi pembelajaran (project based learning) yang menghasilkan produk unggulan. Serta pengembangan sistem Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mandiri yang terintegrasi dengan sistem informasi akademik (SIAKAD) di Poltek Harber.

Ketua Prodi D-3 DKV Poltek Harber, Ahmad Ramdhani menambahkan, Poltek Harber telah bersaing dengan 110 perguruan tinggi vokasi baik negeri maupun swasta. Hingga akhirnya hanya 35 perguruan tinggi vokasi yang berhak memperoleh pendanaan Competitive Fund dengan besaran nominal pendanaan yang berbeda-beda.

“Dengan adanya Competitive Fund ini sangat mendukung kami dalam mewujudkan tujuan utama kami untuk meningkatkan pembelajaran dalam menciptakan produk unggulan pada penguatan entrepreneur skill dan kekayaan intelektual (intellectual property) dengan mengangkat nilai-nilai lokal. Kemudian penguatan technical skill (services) yaitu hybrid animation yang berdampak luas dalam bidang animasi. Kami akan membekali mahasiswa untuk memiliki kemampuan membuka lapangan kerja maupun bekerja di industri animasi”, kata Ahmad.

12 Mei 2023 - 17:46:50 WIB   0
Lain - Lain   Penelitian Dosen   Pengabidan Masyarakat   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Desain Komunikasi Visual  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa