Prodi Elektronika Poltek Harber Kenalkan Robot Transporter

Program Studi (Prodi) D-3 Teknik Elektronika Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) melakukan tindak lanjut kerja sama dengan SMK Negeri 1 Brebes pada Rabu (02/11/22).

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Brebes, Drs. Bejo, M.Pd mengatakan, pelatihan robotika ini sangat penting bagi siswa-siswa SMK. Menurutnya dengan berkembangannya dunia robotik, maka banyak perusahaan-perusahaan yang memanfaatkan robot untuk membantu dalam produksi. 

“Sehingga diharapkan siswa-siswa SMK Negeri 1 Brebes jangan sampai tertinggal dengan perkembangan ini. Dan dengan adanya pelatihan ini siswa bisa meningkatkan prestasinya di tingkat nasional bahkan di tingkat internasional,” tambahnya.

Jurusan Jaringan Komputer dan Telekomunikasi (TJKT) SMK Negeri 1 Brebes menyelenggarakan pelatihan robotika dengan menggaet Prodi D-3 Teknik Elektronika Poltek Harber.

Dalam pelatihan tersebut, diikuti oleh sejumlah 120 siswa dari Jurusan TJKT. Pelatihan robotika membahas terkait robot jenis mobile dengan nama robot transporter dengan kendali smartphone. Robot transporter merupakan robot yang memiliki fungsi untuk memindahkan barang yang dikontrol dari smartphone. 

Pembuatan robot transporter dengan kendali dari smartphone ini, diperlukan tiga tahap. Tahap pertama yaitu pembuatan aplikasi dengan software app inventor dan pembuatan program dengan software Arduino IDE. 

Tahap kedua yaitu perakitan hardware transporter. Dan tahap yang terakhir adalah upload software ke dalam hardwarenya. Setelah proses upload sukses maka robot transporter dapat dikendalikan melalui smartphone.

“Tujuan robot dibuat adalah untuk menciptakan tenaga kerja yang berkinerja tinggi dan dapat bekerja 24 jam. Untuk menjalankan pekerjaan yang memerlukan ketelitian tinggi, dan menggantikan manusia dalam pekerjaan yang bersifat selalu berulang-ulang,” kata Rony Darpono, M.T. selaku Narasumber dan Dosen Prodi D-3 Teknik Elektronika.

Sementara itu, Kepala Jurusan (Kajur) TJKT SMK Negeri 1 Brebes, Magus Sarasnomo, M.Kom menuturkan, kegiatan ini bisa menjadi awalan dalam unit produksi Jurusan TJKT. 

“Kita berharap Prodi D-3 Teknik Elektronika Poltek Harber bisa terus mendampingi kami dalam pembelajaran robotika, baik dalam unit produksi maupun dalam pendampingan perlombaan robotika,” kata Magus.

24 November 2022 - 15:21:47 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Elektronika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa