Prodi Mesin Poltek Harber: Ajak Siswa Dukung Lestarikan Lingkungan Lewat Mobil Listrik


TEGAL – Sebanyak puluhan pelajar di kota Tegal dan sekitarnya dikenalkan perangkat permesinan dalam sosialisai Program Studi (Prodi) D-3 Teknik Mesin Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber). Ketua Prodi D-3 Teknik Mesin M. Taufik Qurohman, M.Pd menuturkan sosialisai dan pelatihan gratis ini merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat (PKM) yang dilaksanakan oleh Dosen Prodi D-3 Teknik Mesin sebagai wujud Tridharma Perguruan Tinggi. 

“Sasaran dari pelatihan ini adalah siswa-siswi SMA/SMK di kota Tegal dan sekitarnya. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa khususnya di dunia pendidikan vokasi”, kata Taufik.

Adapun sebanyak 54 siswa yang terdaftar sebagai peserta diberi paparan tentang perkembangan mobil listrik dengan stasiun charge di setiap lokasi, seperti pusat perbelanjaan. Kemudian tipe mobil listrik 1 phase untuk harian, dan 2 phase seperti truk, dan mobil berat (sport).

Dosen Prodi D-3 Teknik Mesin Mukhamad Khumaidi Usman, ST, M. Eng menyampaikan, siswa diajarkan tentang merakit mobil listrik karya mahasiswa Teknik Mesin Poltek Harber dengan daya motoran 1000 kw, sistem aki 48 volt, transmisi otomatis, penggerak dari dinamo ke roda pake diferensial. 

“Mobil listrik telah mendukung kelestarian lingkungan sekitar dengan emisi gas buang lebih bersih. Lebih hemat, karena tidak menggunakan bahan bakar,” kata Khumaidi.

Terdapat sepuluh sekolah yang mengikuti pelatihan tersebut yaitu dari SMK N 1 dan 2 Adiwerna, SMK Bhakti Praja Adiwerna, Ma'arif NU Talan, Muhammadiyah Kramat, Darussalam Balapulang, Astrindo Kota Tegal, Muhammadiyah Bulakamba, kemudian dari SMA N 1 dan 4 Tegal.

“Pelatihan gratis yang diberikan berupa, pelatihan mobil listrik, AutoCAD, motor bakar, pneumatik & hidrolik, kemudian pelatihan bahasa inggris & matematika. Para siswa yang mengikuti pelatihan akan mendapatkan skill yang bermanfaat, fasilitas, teman baru, dan e-sertifikat,” kata Taufik. 

Bagi para pelajar dan sekolah, lanjut Taufik, yang berminat untuk mendaftar pelatihan gratis dapat mengunjungi https://bit.ly/pelatihangratismesin.

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan
Virtual Tour
Hubungi Kami