Prodi Perhotelan Poltek Harber Gandeng UI Tingkatkan Critical Thinking Skills Mahasiswa

Program studi (prodi) D-3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama (PHB) bekerja sama dengan Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI), dalam kegiatan Seminar Tugas Akhir (TA) yang dilaksanakan secara daring, Rabu (09/03/2022). 


“Kegiatan Seminar Tugas Akhir ini diberikan kepada mahasiswa dalam rangka untuk meningkatkan kualitas mahasiswa. Jadilah orang yang berguna bagi siapapun di sekeliling diri kita. Sgar kita menjadi seseorang yang menginspirasi orang lain,” kata Wakil Direktur I Poltek Harber Apt. Heru Nurcahyo, S.Farm., M.Sc. dalam sambutannya.

Ketua Prodi Pariwisata, Program Pendidikan Vokasi, UI, Anisatul Auliya, SST.Par., M.Par memberikan materi tentang Tips Praktis dan Motivasi pada Penulisan Ilmiah Bidang Hospitality. Ia menuturkan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh mahasiswa sebelum menulis TA. Pertama yaitu apa yang mahasiswa tulis harus ada sumbernya yang resmi dan dapat dipercaya. Kemudian, lanjutnya, mahasiswa harus mengeksplorasi yang mendalam, fungsinya untuk membantu memecahkan masalah.

Ketiga yaitu apa yang mahasiswa tulis harus bermanfaat untuk pembacanya. Terakhir, sumber referensi harus yang terbaru maupun terkini minimal 5 tahun ke belakang. “Ketika menulis, mahasiswa harus tahu tujuannya apa. Harus ada proses yang kita lewati dan hasilnya harus bermanfaat,” ujar Anisatul Auliya yang juga menjabat sebagai Tenaga Ahli Disparekraf DKI Jakarta.

Auliya menambahkan, mahasiswa juga harus membangun critical thinking skills (berpikir kritis), dengan memakai sumber referensi yang dapat dipercaya. Dengan demikian mahasiswa akan mendapat pengetahuan yang sangat banyak, melalui sumber-sumber referensi, dan menjadi ahli-ahli di bidang perhotelan.

“Penelitian tugas akhir dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mahasiswa. Hasil penelitian bukan berdasarkan “menurut saya” tapi harus berdasarkan hasil analisis di lapangan dan sumber referensi yang jelas,” ungkapnya.

Ketua Prodi D-3 Perhotelan Poltek Harber Puput Dewi Anggraeni, S.ST.Par., M.Par. juga berpesan kepada 28 mahasiswanya yang akan menyusun TA agar menggunakan semua referensi dengan baik dan benar.

“Gunakan manajemen sitasi seperti Mendeley atau Microsoft Word. Hal ini sebagai dasar melakukan penelitian, memperkuat argumen yang dikemukakan dalam karya ilmiah, menghindari plagiarism, sebagai literature review, untuk mengetahui landscape penelitian kita,” kata Puput. 


23 Maret 2022 - 10:58:59 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Perhotelan  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa