Prodi Teknik Elektronika PHB Latih Siswa SMK Maarif NU

Tim dosen Program Studi Teknik Elektronika Politeknik Harapan Bersama (PHB) melakukan program pengabdian kepada masyarakat (PKM) di SMK Maarif NU, Kramat, Kabupaten Tegal. Kegiatan tersebut adalah pelatihan penerapan aplikasi android dengan APP inventor untuk smart home berbasis arduino kepada siswa kelas 10 Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) SMK Maarif NU Kramat, Selasa, (04/01/2022).

Program PKM ini memiliki gagasan dalam memberikan ilmu pengetahuan dan pemberian pengalaman kepada siswa tentang penerapan aplikasi android dengan APP Inventor untuk smart home berbasis arduino. Dalam kegiatan ini TIM PKM datang berkunjung dan memberi pelatihan aplikasi android dengan APP inventor untuk smart home berbasis arduino kepada siswa.

Ketua pengabdian kepada masyarakat dosen Bahrun Niam, M.T. mengatakan kegiatan ini disambut positif oleh para siswa SMK Maarif NU Kramat. Selain sambutan positif, lanjutnya, dari siswa, para guru pun turut serta memberi apresiasi positif dan meminta agar Tim pengabdian datang kembali untuk memberi pelatihan terhadap guru SMK Maarif NU Kramat.

Dengan menggunakan App Inventor, lanjut Bahrun, pengembangan aplikasi dapat membuat media interaktif. Pengembang membuka website ai2.appinventor.mit.edu kemudian memasukkan komponen  ke   halaman   designer. “Agar   komponen   yang   sudah dimasukkan dapat dijalankan maka masuk ke halaman blocks untuk proses coding. untuk menjalankannya pilih build untuk android, scan barcode dan install di android,” kata Bahrun.

“Kegiatan PKM ini untuk mengenalkan pemrograman arduino yang dapat menghidupkan dan mematikan lampu dari jarak jauh. Kemudian menambah wawasan Siswa tentang pengembangan mikrokontroler,” tambahnya.

“Terima kasih banyak kepada dosen-dosen Politeknik Harapan Bersama yang telah memotivasi  dan memberikan ilmu terkait penerapan aplikasi android dengan APP inventor untuk smart home berbasis Arduino pada kami siswa kelas X SMK Maarif NU Kramat. Mudah-mudahan ilmu ini dapat kami gunakan untuk menambah pemasukan demi kemajuan sekolah ini,” ujar Siti Mutiara,

Admin Humas
28 Januari 2022 18:03:10 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan
Virtual Tour
Hubungi Kami