Prodi Teknik Elektronika Poltek Harber dan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Teken MoA

SURABAYA - Program Studi (Prodi) D-3 Teknik Elektronika Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) Tegal melakukan studi banding dan menjalin (Memorandum of Agreement) MoA dengan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) pada Rabu, (30/03/2022). 

Agenda utama studi banding adalah sharing kurikulum, melihat sarana prasarana laboratorium dan MoA untuk meningkatkan kualitas akademik. Alasan memilih PENS sebagai tempat studi banding, karena merupakan kampus vokasi yang mendapatkan akreditasi A pertama di Indonesia. “Perolehan akreditasi A dikarenakan PENS lebih mengutamakan kualitas dengan hanya menerima mahasiswa baru 2 kelas tiap angkatan, dengan jumlah dosen S3 sebanyak 42% serta menyesuaikan praktikum dengan kebutuhan industri,” ungkap Ketua Prodi D-3 Teknik Elektronika (DTE) PENS Dr. Alrijadjis, Dipl.Eng, MT.

Untuk menghasilkan lulusan yang berkompeten, Alrijadjis menuturkan, PENS menyiapkan sistem pembelajaran dengan memperbanyak laboratory based learning, project based learning, internship industrial learning, dan final project. “Penyusunan kurikulum DTE PENS berdasarkan kebutuhan industri yang mendapat masukan dari alumni di tracer study. Pengelolaan tracer study yang bagus akan mendapatkan inputan yang tepat dalam penyusunan kurikulum,” ujarnya.

Kaprodi D-3 Teknik Elektronika Poltek Harber, Qirom, S.Pd., M.T menyampaikan, tuntutan pemerintah dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) mengharuskan Prodi untuk menyusun kurikulum yang nilai mata kuliahnya bisa dikonversi dengan beberapa program seperti magang, studi independen, dan menjuarai perlombaan tingkat nasional, dan internasional yang ditentukan oleh Prodi. “Contohnya juara lomba kontes ribot indonesia (KRI) bisa dikonversi ke nilai mata kuliah robotika atau dikonversi menjadi final project,” kata Qirom.

Akhir dari studi banding ditutup dengan melakukan penandatanganan MoA tentang peninjauan kurikulum, menjadi pembicara kuliah umum, pelatihan dan sertifikasi mahasiswa serta pendampingan dosen dalam pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi.

08 April 2022 - 16:07:58 WIB   0
Lain - Lain   Politeknik Harapan Bersama   Prodi D-3 Teknik Elektronika  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa