Seminar Hasil Penelitian Dosen PHB Tegal

Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) merupakan subsistem dari organisasi dan tata kerja Politeknik Harapan Bersama Tegal, yang mengemban tugas untuk mengkoordinasikan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dosen sebagai salah satu pilar dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi. P3M dalam kegiatan operasionalnya dapat memanfaatkan sumber daya manusia (SDM) maupun fasilitas lain yang ada pada Politeknik Harapan Bersama Tegal. Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat merupakan lembaga yang mengemban salah satu misi untuk menghasilkan produk dalam bentuk penelitian dan penerapannya dalam pengabdian kepada masyarakat sebagai solusi dari permasalahan yang dihadapi dan dialami oleh masyarakat. Hasil-hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tersebut perlu dipublikasikan sehingga diketahui oleh masyarakat secara luas. Salah satu kegiatan untuk melakukan publikasi tersebut adalah Seminar hasil. Oleh karena itu, P3M di Politeknik merupakan unit yang layak dan memiliki kapasitas dalam menyelesaikan, memfasilitasi dan mengadvokasi permasalahan yang berkembang dalam masyarakat berkaitan dengan penelitian.

Salah satu masalah yang menjadi fokus perhatian P3M adalah bagaimana menggiatkan penelitian dan publikasi di kalangan civitas akademik sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi serta mengurangi plagiasi dikalangan civitas akademik khususnya di bidang penelitian Dan Sebagai salah satu bentuk komitmen dalam mendukung kemandirian bangsa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi nasional, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian Dosen. Selain sebagai sarana publikasi ilmiah, kegiatan Seminar ini diharapkan dapat lebih meningkatkan peran serta Politeknik Harapan Bersama Tegal dalam penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Salah satu agenda P3M dalam setiap semesternya adalah mengkoordinasi dan memfasilitasi terkait informasi pembiayaan penelitian yang dibiayai oleh institusi kepada seluruh civitas akademik di lingkungan Politeknik Harapan Bersama. Dari tahun ke tahun proposal penelitian yang diajukan dengan pembiayaan oleh institusi mengalami peningkatan yang signifikan. Oleh karena itu, Sebagai wujud tanggung jawab dari para dosen (peneliti) dalam mengajukan proposal penelitian, maka P3M di Politeknik Harapan Bersama Tegal perlu mengadakan seminar hasil penelitian dosen dilingkungan Politeknik Harapan Bersama yang telah mengajukan proposal penelitian dengan pembiayaan institusi. Acara tersebut diharapkan dapat memotivasi, meningkatkan kualitas penelitian dan publikasi civitas akademik dalam hal penelitian serta menghasilkan penelitian yang sesuai dengan mutu dan kualitas penelitian dosen sebagai salah satu wujud publikasi hasil penelitian. Sehingga semangat penelitian tertanam dalam jiwa seleuruh civitas akademik.

Berdasarkan pada hal tersebut maka P3M mengadakan kegiatan seminar hasil penelitian untuk tahun akademik 2016/2017 semester ganjil sebanyak 33 judul penelitian pada 4 januari 2017 di gedung B kampus Politeknik Harapan Bersama

09 Januari 2017 - 13:26:40 WIB   0
Politeknik Harapan Bersama  

Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan

Info Penerimaan Mahasiswa